Hal yang Perlu Ditulis di Bionarasi

Breaking News

6/random/ticker-posts

Hal yang Perlu Ditulis di Bionarasi

 


Halo semua!

Semoga yang membaca artikel kali ini dalam keadaan sehat jiwa dan raga ya. 

Kali ini kita akan bahas apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan bionarasi. Sebelumnya sudahkah kamu tahu apa itu bionarasi? 

Bionarasi alias biodata narasi adalah riwayat hidup seseorang secara singkat dan dituliskan dalam bentuk narasi. Untuk apa? Macam-macam.

Dalam pembuatan beberapa karya tulis (baik fiksi maupun non fiksi) biasanya si penulis acapkali harus melampirkan Bionarasi di akhir tulisannya. Tujuannya untuk memperkenalkan diri di hadapan para pembacanya sekaligus untuk menarik perhatian pembaca agar mencari tahu tentang karya lain dari pemilik bionarasi tersebut.

Lalu, apa saja kira-kira yang perlu dituliskan dalam bionarasi dan membuat pembaca tertarik? Sebenarnya tidak ada catatan khusus apa saja yang harus ditulis dalam bionarasi. Namun, beberapa tips ini mungkin bisa menjadi gambaran apa saja yang perlu kamu tulis dalam bionarasi kamu.



1. Tunjukkan data diri yang HANYA ingin kalian sampaikan ke semua orang

Contoh simpel, dalam biodata _biasanya_  menyebutkan nama lengkap, tempat/tanggal lahir, bahkan tempat tinggal. Akan tetapi, tentu tidak semua orang akan dengan nyaman menyebarkan data tersebut. Entah khawatir identitasnya akan bocor atau disalahgunakan. Tentu saja kita tidak bisa memaksakan itu 'kan? 

Jalan alternatif apa jika kamu ingin melewatkan mengisi data itu? Cantumkan saja data secara umum. Misal: 

Nama lengkap —> Nama pena
Tempat lahir  —> Cukup kotanya saja, jangan sebut daerah secara detail atau bahkan alamat lengkap
Tanggal lahir —> Bisa sebut bulannya saja atau mungkin sebut umur



2. Tunjukkan prestasi atau karya lain milikmu 

Data ini yang seringkali bisa membuat seseorang tertarik akan bionarasimu. Semakin banyak karya yang terlihat akan semakin baik. Akan tetapi, balik lagi, kalau sekiranya terlalu banyak sampai memenuhi kertasmu, cukup beri alamat atau akun yang bisa menghubungkan pembacamu dengan karyamu yang lain. 
Bagaimana? Di poin selanjutnya!



3. Cantumkan alamat atau akun yang bisa menghubungkanmu dengan pembaca

Bisa berupa alamat atau link menuju blog pribadimu, atau mungkin akun sosial media yang memuat karyamu yang lain. Bisa jadi Instagram, Twitter, Wattpad, Idn, atau yang lain.



4. Jangan bertele-tele 

Jika memang ingin menambahkan hobi, keseharian, atau apa pun itu, jangan bertele-tele! Ingat, bagusnya sebuah bionarasi tidak bergantung pada panjang atau pendeknya di penulis menjabarkan data dirinya. Semua harus balance.

.
.
.

Sudah? Coba buat bionarasimu sendiri sekarang!



Pemateri: Nadykeyr



Posting Komentar

0 Komentar