Apa Saja yang Perlu Dilakukan untuk Mengetahui Bakat Diri Sendiri?

Breaking News

6/random/ticker-posts

Apa Saja yang Perlu Dilakukan untuk Mengetahui Bakat Diri Sendiri?

 




Pernah gak kalian berpikir, apasih potensi atau bakat aku? Aku gak bisa apa-apa, tapi kenapa temanku bisa segalanya?

 

Eits, tenang dulu, semua orang pasti punya potensi dan bakatnya sendiri kok. Bakat yang mungkin gak pernah kalian sadari. Nah, gimana sih caranya supaya kita tahu bakat yang tersembunyi dari diri kita? Simak, yuk!

 

1. Memulai dari Apa yang Kita Suka

           

Pertama yang bisa kalian lakukan adalah melakukan aktivitas yang kalian sukai. Contohnya kalian punya hobi makan, maka cobalah untuk membuat makanan yang kalian sukai sendiri.

 

 

2. Mencoba Berbagai Macam Bidang

           

Kedua, jika kalian tidak tahu apa yang kalian sukai, kalian bisa mencoba berbagai macam bidang, seperti menari, melukis, menulis, dsb. Lalu tentukan mana yang membuat kalian bahagia.

 

 

3. Melihat Teman Sekitar Kalian

             

Ketiga, jika kalian tetap tidak tahu apa yang kalian sukai sehingga sulit untuk menemukan bakat tersembunyi kalian. Cobalah bergaul dengan teman dari berbagai bidang, dari sana kalian bisa banyak belajar dari teman-teman kalian. Contoh, teman kalian sangat suka melukis dan dia sering menceritakan segala hal tentang melukis, lalu kamu mulai tertarik dan meminta padanya untuk mengajarkannya padamu.

 

 

4. Mencari Sesuatu Dari Internet

             

Keempat, yang paling mudah adalah kalian bisa mencari tahu tentang segala macam bidang di internet lalu cobalah melakukan bidang dari mana yang paling menarik bagi kalian. Contohnya, kalian merasa bahwa menari adalah kegiatan yang menarik, jadi cobalah untuk mempelajarinya, bisa melalui tutorial di internet, atau mengikuti les.

 

 

5. Konsultasi dengan Psikiater

               

Jika kalian tetap tidak tahu bakat dan minat kalian, kalian bisa cari tahu hal itu dari tes bakat dan minat di Psikiater. Namun, di jaman sekarang ada juga penyedia tes minat dan bakat gratis dari internet. Akan tetapi, lebih mudah dipahami lagi jika kalian konsultasi secara langsung dengan Dokternya.

 

 

6. Konsultasi dengan Orang Tua

                   

Yang terakhir, kalian bisa mencoba berbincang dan berdiskusi dengan orang tua kalian. Karena bagaimana pun, orang tua adalah satu satunya orang yang menemani kalian dari kecil sampai dewasa.

 

Terlepas dari semua hal itu, aku mau tekankan sesuatu sama kalian. Lakukan sesuatu karena kalian menyukainya, bukan karena hal lain. Sebenarnya mungkin kalian bisa lakukan dan sukses di bidang yang gak kalian sukai. Tapi ... kalau kalian ngelakuin itu dan kalian tetap gak suka dan malah gak bahagia, buat apa menyiksa diri sendiri?

 

Beberapa orang bilang, kalau kalian gak berusaha dengan keras untuk menemukan bakat kalian, ya kalian gak akan pernah sukses dalam suatu hal lain. Gini ya, ada 1001 cara untuk sukses di dunia ini. Jangan sampai mengorbankan sesuatu hal untuk apa yang gak pernah kalian sukai.

 

Gak punya bakat emang bisa sukses? Bisa, tentu saja bisa. Apa sih yang gak bisa dilakuin di dunia ini? Jadi ... semangat terus ya, kalian pasti bisa sukses dengan cara kalian sendiri.

 

Ada tambahan untuk kalian yang sudah merasa mempunyai potensi dalam diri sendiri, namun tidak membuat kalian bahagia, cobalah belajar untuk menyukai hal itu, dan belajar untuk bersyukur dan mengembangkan potensi yang sudah ada dalam jiwa kalian.

 

Semua hal yang kalian lakukan adalah untuk diri kalian sendiri, jadi lakukanlah yang terbaik untuk diri kamu bukan untuk yang lain. Semangat, dan jangan pernah putus asa, ya!

 

Penulis: Marsya Shapa

Posting Komentar

0 Komentar