Tips Agar Masker Tetap Bersih dan Terhindar dari Bakteri

Breaking News

6/random/ticker-posts






 

Tips Agar Masker Tetap Bersih dan Terhindar dari Bakteri

 




Sudah satu tahun Negeri kita dilanda virus covid 19 (corona) yang terus memakan korban setiap bulannya. Dalam menangani masalah ini, sudah banyak protokol kesehatan yang telah diterapkan oleh pemerintah untuk masyarakat. Salah satunya adalah memakai masker. Kebanyakan dari kita, sering menggunakan masker kain atau bisa disebut dengan masker cuci yang bisa kita pakai beberapa kali. Namun, diantara kita masih banyak yang tidak benar merawat masker. Salah satu faktornya adalah karena malas. Sehingga, masker yang kita gunakan malah justru kotor dan banyak bakteri. 

 

Berikut, kita akan membahas bagaimana cara merawat masker agar tetap bersih dan terhindar dari bakteri. 

 

1. Mencuci Masker

Mencuci masker merupakan salah satu hal yang paling penting dalam merawat masker. Umumnya masker yang kita cuci adalah masker yang terbuat dari kain. Kita perlu mencuci masker tersebut dengan air yang mengalir, sabun, dan lebih baik dicuci sendiri menggunakan tangan (tidak digabung dengan pakaian yang lain). Mencuci masker tidak perlu menunggu kotor, setelah kita pakai lebih dari 8 jam alangkah baiknya langsung dicuci.

 

2. Menjemur Masker

Menjemur masker kita perlu memperhatikan di mana tempat masker dijemur jangan sampai di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matari. Sebab, akan mengakibatkan masker kita tidak cepat kering dan menambah bau. Kita juga tidak dianjurkan menjemur terlalu lama, karena yang ditakutkan makser yang kita jemur akan terkena debu apalagi kita menjemur masker ketika angin sangat kencang.

 

 

3. Menyimpan Masker

Dalam hal menyimpan masker juga patut kita perhatikan. Apalagi bagi kalangan perempuan yang di dalam tasnya mungkin banyak barang barang lain. Sebaiknya kita menyimpan masker terpisah dengan barang barang lain yang tentunya mengandung banyak bakteri sehingga masker kita tidak bersih jika dipakai kembali. Kita lebih baik menyimpannya di dalam pouch kecil atau bagian tas yang tidak terisi barang lain.

 


4. Mengganti Masker

Memakai masker merupakan hal yang kita lakukan setiap hari. Dengan begitu, kita dianjurkan mempunyai masker cadangan untuk dibawa pergi maupun hanya untuk di rumah saja. Minimal kita mempunyai masker lebih dari dua sebab kita harus rutin menggantinya.

 

Nah.. di atas merupakan cara agar masker yang kita gunakan tetap bersih dan terhindar dari bakteri. Kebersihan akan menciptakan kenyamanan bagi kita. Ingat! Jangan malas untuk merawat masker ya. Jangan lupa juga untuk tetap memakai masker selama pandemi ini. 


Penulis: Iip Fatihah

Posting Komentar

0 Komentar