Ternyata Mempelajari Sejarah Itu Menyenangkan

Breaking News

6/random/ticker-posts

Ternyata Mempelajari Sejarah Itu Menyenangkan


 


Semakin bergantinya tahun, setiap tahun pasti memiliki sejarah tersendiri di berbagai belahan dunia. Di masa pandemik seperti ini, kalian pastinya merasa bosan dengan semua kegiatan yang harus dilakukan dari rumah. Mulai dari mengerjakan tugas sekolah, tugas kantor sampai bermain. Bagi kalian yang suka membaca buku-buku novel, komik atau buku lainnya pasti merasa bosan jika daftar bacaan kalian sudah selesai sedangkan kita dituntut untuk berada di dalam rumah saja.


Coba kalian baca buku baru yang berisi tentang sejarah, entah itu sejarah Indonesia Merdeka atau tentang masa Kerajaan Majapahit. Tentunya banyak manfaat yang kalian dapatkan bukan? Tetapi apa membaca buku-buku sejarah itu menyenangkan? Atau justru kita akan dibuat bosan selama berjam-jam saat membacanya.


Disini saya akan membagikan empat manfaat yang kalian dapatkan selama mempelajari buku-buku sejarah.


1. Menambah Wawasan.


Yup, menambah wawasan. Karena kalian akan mendapatkan banyak wawasan, mulai dari nama tokoh dari pelaku sejarah tersebut sampai dengan akhir cerita dari sejarah tersebut. Misalkan, kalian membaca sejarah tentang tempat tinggal kalian, pasti wawasan kalian akan lebih luas ketika ada orang asing yang berkunjung ke tempat tinggal kalian dan ingin mengetahui sejarahnya. Jika kalian beruntung, bisa jadi kalian lah yang akan menjadi tour guide bagi orang asing loh.


2. Belajar Dari Masa Lalu.


Pasti kalian tidak mau kan, jikalau sejarah yang kalian baca akan terjadi di masa depan. Maka dari itu, masa lalu adalah sebuah pelajaran berharga untuk kebaikan di masa depan. Ketika membaca sejarah tentang Pemberontakan G30S PKI, tentunya banyak pelajaran yang kalian dapatkan dari peristiwa tersebut.


3. Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghargai Jasa-jasa Para Pahlawan.


Kata-kata itu mungkin sudah tidak asing lagi kalian dengar. Ya, di jaman yang serba modern ini, seringkali ditemukan para penerus bangsa yang tidak tau akan sejarah para pahlawannya. Padahal sudah dipelajari sejak kalian duduk di bangku sekolah dasar. Para penerus bangsa lebih hafal nama-nama artis kesukaan mereka dibandingkan dengan nama-nama tokoh Proklamator Indonesia.


4. Bisa berkesempatan mengunjungi bangunan bersejarah.


Hal yang paling menyenangkan ketika mempelajari sejarah adalah ketika kalian berkesempatan mengunjungi tempat yang ada di sejarah tersebut. Misalnya Monas, Candi Borobudur, atau tempat bersejarah lainnya. Selain kalian tau dengan sejarahnya, kalian juga bisa mengabadikan kenangan selama berada di tempat-tempat bersejarah.


Dari keempat manfaat di atas, tentunya masih banyak manfaat yang kalian dapatkan selama membaca atau mempelajari sejarah. Menyenangkan bukan? Tetaplah giat dalam belajar sejarah ya teman-teman.


Penulis: Ahmad Ghufron

Posting Komentar

0 Komentar