Review Film "Bebas" (2019)

Breaking News

6/random/ticker-posts






 

Review Film "Bebas" (2019)

 



Hi, semua!

Lagi dan lagi kembali sama aku, Vicke, di website/aplikasi Circle Pedia. Di sini aku bakal review salah satu film Indonesia, loh. Film yang aku review judulnya "Bebas". Iya, judulnya "Bebas". Merupakan adaptasi dari film Korea yang berjudul "Sunny" yang merupakan persembahan dari Mira Lesmana dan Riri Riza. Di mana film ini menceritakan tentang kisah persahabatan geng anak SMA tahun 90 an yang sudah lama sekali tidak bertemu.

 

Tapi sebelum review, aku mau kasih tahu sinopsis film "Bebas" di bawah ini. Check this out!

 

Sinopsis:

Vina (Maizura), seorang remaja SMA yang berasal dari sebuah kota kecil di Jawa Barat, baru saja pindah ke SMA Negeri bergengsi di ibu kota Jakarta. Pada hari pertama di sekolah, Vina ditertawakan karena logat bicaranya dan juga diintimidasi oleh seorang siswa cowok. Beruntung, Vina ditolong dan dibantu beradaptasi oleh empat cewek dan seorang cowok yang disegani di sekolah. Ada Kris (Sheryl Sheinafia) sang pemimpin, Jessica (Agatha Pricilla) yang lucu dan terobsesi pada kecantikan, Gina (Zulfa Maharani) yang pemberani dan anak terkaya di grup, Suci (Lutesha) yang cantik dan misterius, serta Jojo (Baskara Mahendra) satu-satunya cowok dalam pertemanan mereka. Vina dengan cepat menjadi bagian dari geng mereka, yang lalu dikenal dengan nama GENG BEBAS. Kebersamaan mereka terusik saat terjadi peristiwa tragis yang menyebabkan keenam sahabat ini harus dipisahkan.

 

(P.s: sinopsis ini sumbernya dari Google)

 

Begitulah sinopsis singkat film "Bebas". Sekarang aku mau review film-nya. Film ini alurnya maju-mundur, di mana sepanjang film menceritakan tentang Geng Bebas remaja pada tahun 1995 dan kehidupan Geng Bebas dewasa pada masa kini. Penggambaran masa 90 an dikemas sangat keren oleh Mbak Mira dan Mas Riza, terutama dari segi fashion Geng Bebas remaja yang memberi kesan sebagai anak gaul zaman dulu. 

 

Rasanya aku patut mengacungkan dua jempol ke fashion stylist film "Bebas" yang udah bikin penampilan keenam pemeran Geng Bebas remaja sukses tampil jadul nan unik ala remaja 90 an. Nggak cuma fashion, properti masa lalu seperti uang 500 rupiah, radio, poster almarhumah Nike Ardilla, kue kepang, dan lainnya juga tampil di adegan film. Emang, sih, di tahun 1995 belum ada gadget keren. Tapi menurut aku Geng Bebas remaja tetap kelihatan gaul, kok.

 

Kalau menurut pengamatanku sepertinya fashion remaja zaman dulu identik sama yang namanya bandana. Buktinya aja, bandana bisa dijadikan sebagai gelang dan scarf untuk leher di setiap adegan yang ada. Oh iya, nuansa jadul yang ada ada geng Bebas remaja semakin terasa dengan adanya oleh soundtrack dari beberapa musisi ternama di bawah ini :

 

1. Iwa K. - Bebas

2. Kahitna - Cerita Cinta 

3. Dewa 19 - Bukan Siti Nurbaya

4. Vina Panduwinata - Aku Makin Cinta

5. Chrisye - Sendiri

6. Singiku - Kebebasan

 

Film "Bebas" juga didukung oleh adanya beberapa aktor dan aktris keren yang menjadi cameo seperti Reza Rahadian, Oka Antara, Tika Panggabean, Jefri Nichol, Sarah Sechan, Irgi Fahrezi, Cut Mini, dan lain-lain. Dari pemeran utama, pemeran pendukung, sampai cameo ... SEMUANYA KEREN! Aku benar-benar dibuat terkesan oleh film "Bebas". Aku juga salut sama Mbak Mira dan Mas Riri yang pintar sekali dalam memproduksi "Bebas" dan juga memilih pemain yang tepat. 

 

Film "Bebas" tepat banget untuk generasi manapun yang ingin nostalgia masa-masa SMA, baik itu punya geng, melakukan hal yang konyol di sekolah, ketemu geng lain yang jadi musuh, bahkan jatuh cinta untuk pertama kali. Nggak salah pas film ini tayang di bioskop ada hashtag #ReuniDiBioskop di Instagram. "Bebas" memang nggak tembus 1 juta penonton, tetapi sekali lagi aku katakan, aku benar-benar terkesan dibuatnya. Persahabatan, kebahagiaan, kesedihan, hingga cinta menjadi satu dalam film ini.

 

Untuk kekurangan dari "Bebas" cuma sedikit, sih, menurut aku. Kekurangannya adalah:

Tidak diceritakan mengapa tokoh Kris dewasa yang diperankan oleh Susan Bachtiar bisa mengidap penyakit kanker. Itu yang bikin penonton—terutama aku, penasaran bagaimana awal cerita dari sakitnya Kris dewasa. 

 

Meski begitu, secara keseluruhan film "Bebas" udah keren banget dari awal sampai akhir. Nggak tau lagi mau ngomong apa, pokoknya sampai detik ini film "Bebas" masih menjadi favoritku. Para bintang kumpul semua dan sudah ada porsi adegan masing-masing. Jadinya nggak terlalu ribet. Dari segi pemain, alur, kostum, sampai soundtrack, semuanya LUAR BIASA!

 

Oh iya, buat kalian yang belum sempat nonton "Bebas", sekarang udah ada di aplikasi Catchplay, loh! Jangan lupa nonton, ya. Dijamin nggak akan menyesal. Nggak cuma itu, pas libur akhir tahun kemarin film "Bebas" tayang perdana di SCTV. Seneng banget aku tuh!

 

Cukup sampai sini dulu review dari aku. Karena untuk pertama kali aku review film, mohon maaf kalau masih banyak kekurangan dan juga kesalahan kata. Semoga kalian terkesan membaca review film dari aku. Boleh banget kalau mau kasih kritik/saran. Sampai ketemu di artikel yang akan datang. Terima kasih.

 

Penulis: Vicke Alizaranny

Posting Komentar

0 Komentar