Malas Belajar? NO!

Breaking News

6/random/ticker-posts

Malas Belajar? NO!




Halo semuanya...!

Balik lagi sama EL, hihi. Kali ini EL mau bahasa sesuatu yang kebanyakan gak disukai sama orang-orang. Tapi ada juga yang suka banget, ada yang bener-bener gak suka banget sampe males, dan ada yang netral, alias kadang suka kadang enggak.

Bahas apa sih, EL? Bahas Deran lagi? Enggak! Bukan Deran, Deran bukan di lapak ini, HEH! ... ya terus, bahas apa dong?!

BELAJAR. Iya, mari kita bahas tentang belajar, ya. Jangan males dulu, kita gak bakal bahas sepenuhnya tentang belajar itu apa, bagaimana, dan kapan. Gak, kok! Yang mau EL bahas sekarang emang tentang belajar, tapi ... bukan ke gimana cara belajar yang baik, tapi lebih ke gimana cara menghilangkan malas saat belajar, hmm mau tau gak nih? Simak aja dulu, InsyaAllah berkah.

Yuk langsung aja kita lihat point-point pentingnya....

GIMANA SIH, CARA MENGHILANGKAN MALAS KETIKA BELAJAR?


1. Niat


Yang paling penting niat dulu, ya. Kalau gak ada niat sama sekali buat belajar, ya gimana mau semangat belajar, dong? Terus cara ngumpulin niatnya gimana? HEH! niat itu bukan sesuatu hal yang harus dikumpulin dulu. Niat itu ada kalau kita punya kesadaran, ya udah! Jadi gitu, Niat & kesadaran, itu dua hal yang saling berkaitan ya ... jadi jangan lupain itu. Bukan cuma buat belajar doang, buat semua hal yang wajib ataupun harus kita lakukan, niat dan kesadaran itu harus ada di dalam hati kita. Tapi ingat, niatnya yang bener-bener, sesuai jalan dan lurus. Bukan niat untuk pansos apalagi buat dipamerin, Oke?


2. Buat reward dan hukuman


Maksudnya? Jadi ... gini deh. Biar gak males buat belajar, coba deh bikin reward buat diri sendiri. Misalnya, hari ini ada tugas banyak banget ... semua mata pelajaran ada tugasnya. Kita pikir dulu, ini tuh tugas, kalau tugas berarti harus dikerjain. Udah itu luruskan niat bener-bener buat belajar, dan baru deh bikin reward. "Kalau tugas gue selesai sesuai sama waktu yang dipinta, tabungan gue bakalan gue tambah dan hukumannya kalau gak bisa, gue gak boleh main hp seharian." . Nah, kayak gitu. Kalian juga bisa minta reward dan hukuman dari teman, saudara, dan orang tua kalian biar tambah semangat. Tapi ingat, reward semacam ini hanya penyemangat ya, bukan jadi patokan harus belajar yang rajin dan ngerjain tugas yang rajin, karena belajar itu kembali ke point awal, yaitu ... NIAT!


3. Tujuan


Tujuan kalian belajar apa? Misalnya, pengen jadi juara kelas, lagi siapin nilai raport untuk SNMPTN, lagi persiapan buat Ujian, dan lain-lain. Boleh juga! Karena dengan adanya tujuan yang "JELAS", kita akan merasa punya suatu kewajiban yang harus ditunaikan. Dimana-mana pun, yang namanya kewajiban harus dikerjakan, kan? Tujuan belajar yang utama adalah untuk menambah ilmu, alasan - alasan tujuan seperti yang disebutin EL diatas tadi adalah tujuan ke-2, karena yang paling penting dari belajar adalah kita mengerti, paham, dan ilmu kita bertambah.


4. Banyak Motivasi


Mencari motivasi bisa darimana dan dari siapa aja, kok!  Kayak EL, EL dapet motivasi dari keluarga, teman sekolah, teman se-komunitas, dan dari Idol, hihi (maklum EL masuk Fandom). Banyak kok, motivasi bisa datang dari siapa aja.


5. Dengerin Lagu Kesukaan


Ini nih yang sering EL lakuin kalau si malas sedang melanda. Jadi ... kalau lagi belajar, terus hening ... gak dengerin lagu. Jadi berasa hampa gak ada kehidupan. Makannya, setiap kali lagi belajar atau lagi ngerjain tugas, EL suka banget dengerin lagu Idol EL verSlowdown-nya. Kalau lagi mau yang lain, bisa lagu aesthetic, atau lagu slowdown lainnya biar tenang. Tapi jangan sampe ketiduran, karena jujur  lagu versi Slowdown itu nyentuh banget dan bikin rileks banget. "EL, gue kan belajarnya via Zoom/ Google Meet, gimana dong?" Nah kalau masalah yang kayak gini, berarti dengerin lagunya pas ngerjain Tugas doang. Ya! El punya rekomendasi akun Youtube yang isinya lagu aesthetic nih, nama akunnya @Gustixa, EL juga suka demgerin lagu aesthetic dari sana karena lagunya bener-bener bikin rileks :)


6. Berusaha Tidak Mancing Kemalasan


Ya gitu, sekuat tenaga kita gak boleh ada pikiran dan niatan buat malas-malasan lagi, kalau hal ini terus aja ada. Gimana mau semangat ;(. Pokoknya sekuat mungkin dan sebisa mungkin jauhin sifat malas, Ya. Malas emang selalu ada dalam diri manusia. Tapi, kalau terus aja dipelihara ... nanti dianya anteng tinggal sampai bikin kita bener-bener males. Ngeri sekali dan lagi-lagi ... kembali ke point awal :)

Alhamdulillah, point-point udah dibahas. Mudah-mudahan bermanfaat dan dimengerti, ya. Mudah-mudahan juga dengan membaca artikel ini kalian bisa semangat belajarnya. :)

Terima kasih...!

 Penulis: El (Willan)

Posting Komentar

0 Komentar