Makanan Indonesia yang Wajib Kamu Coba

Breaking News

6/random/ticker-posts






 

Makanan Indonesia yang Wajib Kamu Coba

 


Di setiap negara tentu saja mempunyai ciri khas masakannnya masing-masing,begitu juga dengan negara tercinta kita, Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara yang masakannya kaya akan bumbu dan rempah, juga rasanya yang unik. Tidak cuma satu atau dua makanan Indonesia yang seringkali menarik bagi para turis untuk datang ke Indonesia.

 

Di setiap daerah di Indonesia tentu saja memiliki makanan-makanan khasnya sendiri yang begitu menggugah selera. Namun, di sini aku akan merekomendasikan hanya sebagian saja makanan-makanan yang ada di Indonesia. 

 

1. Sate



Sate adalah makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk lalu dibakar menggunakan arang. Untuk rasa yang lebih nikmat, biasanya sering ditambah dengan saus kacang.

 

2. Rendang



Makanan yang satu ini berasal dari Minangkabau, makanan ini sangat terkenal sampai luar negeri lohhh. Bahkan, pernah menjadi makanan terenak di dunia pada tahun 2017. Wah, hebat ya.

 

3. Nasi Goreng



Kalian pasti gak asing nih sama makanan yang satu ini. Nasi goreng adalah nasi yang digoreng lalu ditambah dengan berbagai macam racikan, seperti kecap, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain. Bisa juga ditambah dengan daging, seafood, sosis, ataupun telur.

 

4. Soto



Soto adalah makanan yang terbuat dari kaldu, sayuran, dan daging. Biasanya makanan ini sering disajikan bersama lontong ataupun ketupat.

 

5. Rawon



Rawon dikenal sebagai makanan khas Jawa Timur. Makanan ini berupa sup daging berkuah hitam dan campuran bumbu yang khas menggunakan kluwek. Biasanya, makanan ini sering disajikan bersama nasi.

 

6. Gado-Gado



Siapa sih yang gak tahu makanan yang satu ini? Pasti pada tahu, dong. Gado-gado adalah makanan yang berbahan sayur-sayuran dengan campuran saus kacang. Gado-gado juga sering disajikan bersama ketupat atau nasi.

 

7. Bakso



Bakso adalah makanan yang pada umumnya berbahan dasar daging sapi. Daging ini biasanya digiling lalu dicampur dengan tepung tapioka dan dibentuk bulat-bulat. Selain itu juga, bakso dikenal dengan kuahnya yang gurih dan harumnya menggugah selera.

 

8. Tempe



Tempe adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari biji kedelai dan beberapa bahan lainnya. Makanan ini sangat sering kita jumpai di sekitar kita. 

 

9. Gudeg



Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Biasanya, makanan ini disajikan dengan telur rebus, nasi, ayam goreng, dan lainnya.

 

10. Nasi Padang



Nasi Padang adalah makanan yang disajikan dengan berbagai kombinasi antara sayur, daging, sambal, dan yang lainnya. Makanan yang satu ini sangat terkenal di berbagai negara. Banyak juga di negara-negara asing yang menjual makanan khas Sumatera Barat ini loh.

 

11. Sinonggi 



Mau liburan ke Sulawesi Tenggara? Makanan yang satu ini wajib banget kalian coba selama liburan di sana. Sinonggi adalah makanan yang terbuat dari pati sari sagu, makanan ini merupakan khas dari suku Tolaki yang berada di Sulawesi Tenggara.

 

12. Kerak Telor



Kerak telor merupakan makanan khas kota Jakarta. Makanan ini merupakan makanan yang sangat populer bagi masyarakat setempat. Untuk yang mau berlibur ke kota Jakarta, wajib banget nih cobain makanan yang satu ini.

 

Masih banyak lagi makanan Indonesia yang wajib kalian coba, seperti seblak, gulai ayam, mie aceh, dsb. Nah, jadi bagaimana menurut kalian? Adakah makanan yang kalian suka selain makanan di atas? Yuk, bisikin.

 

Penulis: Marsya Shapa N.

Posting Komentar

0 Komentar