5 Minutes Korean: 2 Cara Memperkenalkan Diri

Breaking News

6/random/ticker-posts






 

5 Minutes Korean: 2 Cara Memperkenalkan Diri

 



Annyeong, sobat CP! Kali ini saya ingin membawakan segmen “Korea Dalam 5 Menit” atau 5 Minutes Korean untuk para sobat CP yang sedang belajar bahasa Korea.


Belajar bahasa asing lazimnya dimulai dari bagaimana cara memperkenalkan diri. Nah, kita akan belajar 3 cara untuk memperkenalkan diri. Cekidot!


  

Halo, saya ….” / “Apa kabar? Saya ….

Halo dalam  bahasa Korea ada 3, yaitu:

  • 안녕하세요 (annyeonghaseyo): Dapat diartikan selamat pagi, selamat siang, selamat sore bahkan malam, ataupun dapat diartikan halo secara umum. Sapaan ini berada dalam tingkatan informal atau biasa disebut jeon-dæ-mal.
  • 안녕하십니까? (annyeonghasimnikka?): Lazimnya lebih diartikan sebagai apa kabar daripada halo. Sapaan ini berada dalam tingkatan formal-interogatif atau biasa disebut nop-i-mal.
  • 안녕 (annyeong): Versi lebih friendly dari  안녕하세요 (annyeonghaseyo). Lazim digunakan kepada seseorang yang sudah dikenal lama dan mendalam seperti sahabat seumur, atau biasa disebut dong-gap chingu.



Sedikit catatan, jika sobat CP mau memperkenalkan diri kepada orang yang lebih tua / terhormat (guru, atasan, rekan kerja di lingkungan formal), jangan pakai안녕 (annyeong), ya! Kurang sopan hihihi….


Sedangkan saya dalam bahasa Korea ada dalam 2 tingkat kesopanan:

·         (jeo): Saya

·         (na): Aku


Sama-sama kata ganti aku, tetapi berbeda kesopanan, ya, sobat CP. Jika ingin memperkenalkan diri ke yang lebih tua / terhormat, gunakan (jeo). Sedangkan (na) lazimnya digunakan kepada seseorang yang sudah dikenal lama dan mendalam seperti sahabat seumur (dan umumnya bukan ke perkenalan, melaikan dalam percakapan sehari-hari).


Rumus memperkenalkan diri untuk sobat CP:

·         안녕하세요. 저는 (nama)이에요/예요 (kesopanan informal)
(Annyeonghaseyo. Jeoneun …. Ieyo/yeyo)

·         안녕하십니까? 저는 (nama)입니다 (kesopanan formal)
(Annyeonghasimnikka? Jeoneun … imnida)



Halo, saya …. Saya berasal dari ….

Kalian bisa menggunakan pola seperti nomor satu di atas, ditambah dengan 에서 오다 yang berarti datang dari. Jika dibuat kalimat panjangnya, menjadi:

  • 안녕하세요. 저는 (nama)이에요/예요. 저는 (asal negara)에서 왔어요. (informal)
    Annyeonghaseyo. Jeoneun …. Ieyo/yeyo. Jeoneun … e-seo wasseoyo.
  • 안녕하십니까? 저는 (nama)입니다. 저는 (asal negara) 에서 왔습니다 (formal)
    Annyeonghasimnikka? Jeoneun … imnida. Jeoneun … e-seo wasseumnida.


Nah, jangan lupa setelah mengatakan perkenalan di atas, tambahkan 만나서 반갑습니다 (formal; manna-seo bang-gab-seumnida) atau 만나서 반가워요 (informal; manna-seo bang-ga-woyo) yang artinya senang bertemu denganmu.


Mudah bukan? Masih ada pertanyaan?


Sebenarnya masih ada 3 cara atau lebih cara memperkenalkan diri secara lebih formal atau pada situasi tertentu di masyarakat. Jika ada pertanyaan atau berminat mendalami lebih lanjut cara lain memperkenalkan diri, sobat CP dapat menghubungi saya (lihat banner) untuk mengikuti kelas kilat bahasa Korea level 1A—paling dasar (10x 1 bulan langsung tamat level 1A). Ada juga program lain yang saya desain untuk persiapan beasiswa dan juga bekerja di Korea.




Sampai jumpa di artikel berikutnya!

 

Penulis: Ji, instruktor bahasa Korea lulusan Keimyung University, penulis non-fiksi, author “5 Days in Korea with BTS” (Elex Media Komputindo)
Sosial media:
Instagram: @elizbths_
Wattpad: @augustvevo

Posting Komentar

0 Komentar