Yuk Produktif!

 



Hai Dreamers, pernah gak sih dari kalian Jealous sama orang yang rajin banget belajar dan sering mendapatkan peringkat satu di kelas. Pasti dari kalian sering tanyain ke mereka kaya gini: ih gimana sih caranya biar dapat peringkat 1, gimana sih, cara produktif itu gimana?

Sejujurnya mungkin saja dari si peringkat satu awalnya gak seproduktif sekarang dan mungkin saja dulu mereka pernah mengalami kegagalan yang membuat orang tuanya merasa sangat kecewa dan merasa gagal dalam mendidik. Bisa jadi karena paksaan agar tidak memalukan nama keluarga dan bisa membanggakan anaknya di depan umum karena selalu mendapatkan peringkat. 

Namun siapa sangka, terkadang paksaan itu bisa berdampak positif dan juga negatif.  Mungkin sebagian besar dari kalian kesal karena diperintahkan untuk belajar terus menerus. Padahal niat orang tua itu baik agar kita bisa memahami apa yang akan dipelajari, namun terkadang cara yang terlalu keras membuat anak terasa tertekan. Seperti stress bahkan yang ada jadi gak betah di rumah. 

 

Di sini berdasarkan pengalaman, aku mau bagi sedikit tips untuk kalian dan semoga bermanfaat. 

 

1. Belajar dari hal yang kalian sukai. 

Pasti dari kalian mempunyai mimpi yang besar bukan? Mimpi yang besar itu tidak mungkin akan menghampiri kalian tanpa adanya perjuangan. Segala sesuatu pasti ada perjuangan serta pengorbanan. 

Kegagalanlah yang membuat orang malas menjadi lebih semangat karena mereka tidak mau merasakan kegagalan yang kedua kalinya. Terus mencoba hingga merasa ilmu meraka belum banyak. 

Rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu bisa meningkatkan pola pikirmu loh. Belajarlah dari hal yang kalain sukai. Misalnya kalian suka baca novel atau nonton film Korean Drama atau yang lainnya. Itu semua bisa loh menjadi dampak posistif buat kita. Semisalnya ada seseorang suka banget baca buku entah itu fiksi ataupun non-fiksi, dari kedua buku itu secara tak sadar kita bisa memahami cara penulisan, rasa yang kita rasakan dalam membaca dan bahkan kita bisa menulis suatu cerita karena membaca. Dan si pecinta drama korea atau flm Hollywood juga bisa melatih speaking and listening dari tontonan dan juga si pecinta drama korea mempunyai ambisi untuk belajar bahasa korea agar mereka bisa nonton drama tanpa subtitle.  Jadi belajarlah dari hal yang kalian sukai dan belajarlah dari sesuatu yang ingin kalian kejar. 

 

2. Buatlah Jadwal. 

Menurutku jadwal sangat penting untuk mengatur aktivitas setiap hari, buatlah jadwal agar segala aktivitas kalian bisa teratur. Dimulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Jika kalian sudah terbiasa segala sesuatu yang kalian kerjakan akan sangat bermakna dan membuat kalian tidak ingin lalai. 

 

3. Belajarlah dari pengalaman. 

Inilah yang membedakan sekolah dan kehidupan. Jika di sekolah kita akan belajar dan mendapatkan pengalaman, namun jika di kehidupan kita akan mendapatkan penglaman baru belajar. 

Yup seperti ayah dan ibu sering bilang, pengalaman adalah guru. Dan jangan nilai seseorang dari usia atau umur. Tapi nilailah seseorang dari pengalaman yang sudah mereka lewati sampai sekarang. 

 

4. Dimulai dari 25 menit hingga 1 jam. 

Untuk memulai awal produktifitas dalam belajar, supaya tidak terlalu pusing mulailah dari 25 menit belajar dan 15 menit istirahat. Di waktu 25 menit kalian tidak boleh melenceng dari buku, pensil, pulpen ataupun ATK lainnya. Dan manfaatkan waktu 15 menit untuk istirahat. Disini kalain boleh main, makan ataupun tidur selama 15 menit,  jangan lupa pasang alarm ya. Jika kalian sudah terbiasa dengan 25 menit kalain bisa menampung waktu sedikit lebih lama menjadi 1 jam belajar dan 15 menit istirahat.  Jangan belajar pas ada ulangan dan tugas ya, kalian bisa keteteran dan binggung sendiri pas mencari jawaban loh. 


5. Media sosial. 

Yup, bagi kalain yang ingin menguasai bahasa asing, kalian bisa mengubah setting bahasa menjadi bahasa yang ingin kalian pelajari. Misalnya bahasa inggris, kalian bisa mengubah sistem di Handphone menjadi bahasa inggris media sosial bisa membantu kalian. Jadi kalian bisa menambah kosakata dari capsion yang ada di postingan seseorang. 

 

6. Buatlah belajar menjadi teman baikmu. 

Kebayakan orang pasti tidak suka belajar karena membosankan atau gak mood buat belajar. Mungkin saja cara kalian untuk belajar gitu-gitu aja jadi seperti biasa. Bagi kalian yang menyukai suasa kondusif cobalah pasang earphone dengan lantunan suara alam itu bisa menambah mood kalian dalam belajar. 

Atau kalain suka nyemil, bisa loh menyetok makanan dikamar. Dan kalain kalou belajar butuh konsentrasi tinggi bisa belajar di alam terbuka seperti taman atau tempat lain. 

Jika kalian sudah menemukan cara yang menarik jika kalian melewatkan beberapa menit waktu dengan aktifitas lalai kalian akan merasa kehilangan sesuatu, itu yang kurasakan. Menjadi sedikit menyesal karena waktu terbuang dengan sia-sia.

 

Oke, Dreamers.....

Semoga ini bisa membantu ya, sedikit demi sedikit pasti bisa berubah. Perlu kalian ketahui setiap anak yang berkata, dia sih enak pinter selalu jadi peringkat  satu, percayalah sebenarnya dia merasa takut untuk jatuh,  sebenarnya dalam belajar tidak apa-apa kalau kita jatuh. Jadi tetaplah belajar ya... 

 

Semoga cita-cita dan mimpi kalian bisa tercapai. Aamiin. Tetap belajar dan bermimpi, sobat Dreamers!!!

 

 

Penulis: Siti Aisah 


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk kita beropini mengenai isi post-nya~

Pages