Tips Mencuri Perhatian Juri Saat Berkompetisi!

Breaking News

6/random/ticker-posts

Tips Mencuri Perhatian Juri Saat Berkompetisi!

 


Di sini kita akan bahas apa saja yang bisa menarik perhatian juri saat mengikuti kompetisi menulis.


1. Pahami S&K

Ini adalah hal mendasar yang perlu diingat. Terlihat sepele akan tetapi menjadi bahan pertimbangan besar bagi para juri.

Segala syarat dan ketentuan seperti jumlah kata, ukuran huruf, margin, spasi, hingga perluasan tema. Poin-poin penting itu jangan sampai ditawar! Lakukan sesuai itu dan selesai!

2. Buatlah pembukaan yang menarik

Bagaimana? Pembukaan menarik bisa dari segala sisi. Bisa jadi karena judul, kalimat pertama, quotes, atau bahkan dialog.

Percaya atau tidak itu sangat memengaruhi hati para juri. Jadi, tentukan versimu!

3. Bebaskan naskah dari kesalahan tanda baca dan TYPO

Kesalahan-kesalahan dalam naskah yang diajukan dalam kompetisi tentu saja menjadi bisa menjadi batu loncatan bagi naskah lain, atau dalam kata lain naskahmu bisa tersisihkan! Jangan sampai posisimu tersisihkan gara-gara itu ya! Pastikan kamu sudah membaca ulang sekaligus melakukan sunting naskah mandiri berdasarkan KBBI dan PUEBI agar naskahmu makin mantap.

4. Pastikan naskahmu UNIK atau memiliki khas versimu!

Meski tidak ada gambaran pasti akan batasan-batasan keunikan naskah, tapi pastikan ide yang kamu angkat itu fresh. Selain itu sisipkanlah 'ciri khas' di naskahmu. Karena itu juga poin penting agar naskahmu terlihat menonjol dan dilirik oleh para juri.


Empat tips di atas bisa menjadi gambaran ketika kamu ingin mengirimkan naskahmu ke ajang kompetisi. Perbanyak bacaan sebagai referensi kosa kata baru dan jangan lupa berdoa. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Good Luck!

Penulis: Nadykeyr



Posting Komentar

1 Komentar

Yuk kita beropini mengenai isi post-nya~