Tiga Kesalahan Umum Pelajar Otodidak Bahasa Korea!



Annyeong, sobat CP! Saya kembali lagi dengan artikel seperti yang tertulis pada judul, yaitu kesalahan yang kerap dibuat oleh pelajar otodidak bahasa Korea. Apa saja? Langsung saja simak bahasan di bawah ini. Cekidot!


1.   Belajar Berlari Sebelum Mahir Merangkak

Istilah seperti pada judul adalah penggambaran yang tepat bagi beberapa orang yang memilih untuk memulai belajar bahasa Korea, dimulai dari percakapan alias speaking daripada belajar tata bahasa atau grammar.

Menurut pengalaman pribadi, untuk mahir berbicara dalam bahasa Korea (dan guru native bahasa Korea saya di Korea juga bilang), kita harus tahu bagaimana cara menyusun kalimat tanpa sebuah pedoman hafalan, alias kita harus tahu bagaimana menggunakan elemen bahasa Korea mulai dari struktur kalimat hingga tingkat kespopanannya di luar kepala. Semua itu ada pada tata bahasa. Niscaya, pasti kita akan bisa bercakap dengan lancar.


2.   Pola Kalimat

Pola kalimat dalam bahasa Korea sedikit berbeda dari pola kalimat pada bahasa Indonesia. Lazimnya pada bahasa Korea, pola dasar kalimat sederhana adalah S-O-P. Sedangkan pada bahasa Indonesia, pola dasarnya adalah S-P-O-K. Mungkin sobat CP bisa mengetahui lebih detil mengenai materi pola kalimat bahasa Korea pada artikel yang akan datang.


3.   Menggabungkan Tingkat Kesopanan

Seperti yang sobat CP ketahui bahwa dalam bahasa Korea, memiliki tiga tingkat kesopanan dasar yaitu 높임말 (nop-i-mal) atau kesopanan formal, 존댓말 (jeon-dæ-mal) atau kesopanan informal, dan terakhir 반말 (ban-mal) atau tingkat kesopanan terendah.

Jika pada sebuah percakapan, lawan bicara kalian berbicara dengan menggunakan kesopanan formal, balaslah bicara dengan kesopanan formal juga. Jangan dicampur! Bagi sebagian besar orang Korea, itu adalah hal yang rude atau tidak sopan.

Nah, itu adalah kesalahan yang lazim dibuat oleh pelajar bahasa Korea otodidak. Jika ada pertanyaan atau tambahan, sobat CP bisa langsung tuliskan dalam komentar di bawah. Nantikan artikel selanjutnya! Kamsahamnida!

 

Penulis: Ji, instruktor bahasa Korea, penulis non-fiksi Wattpad
Sosial media:
Instagram: @elizbths_
Wattpad: @augustvevo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk kita beropini mengenai isi post-nya~

Pages