5 Minutes Korean: Pola Kalimat

Breaking News

6/random/ticker-posts






 

5 Minutes Korean: Pola Kalimat

 


Hai, sobat CP! Kembali lagi dengan saya pada segmen 5 Minutes Korean. Kali ini saya membawa materi seputar pola kalimat dalam bahasa Korea. Ini adalah salah satu momok bagi para pelajar bahasa Korea, tak terkecuali saya sendiri dulunya. Yuk, kita lihat apa saja pola kalimat yang ada!


Sebelum itu, saya akan sedikit menjelaskan bahwa pola kalimat dalam bahasa Korea berbeda dari bahasa Indonesia. Jika bahasa Indonesia berpola S-P-O-K, maka dalam bahasa Korea memiliki pola umum S-O-P (dapat menggunakan keterangan ataupun tidak).


Nah, saya telah menemukan sendiri bentuk pola kalimat yang umum digunakan, dan saya mendesain materi ini sendiri selama pengalaman saya mengajar bahasa Korea:


1.   S-O-P

Pola paling dasar adalah Subyek + Obyek + Predikat.

Bentuk umumnya: Ibu + nasi + makan.

·         어머니는 밥을 먹어요

어머니: Ibu
: Nasi / makanan
먹다: Makan

 

2.   S-O-K-P

Pola ini menambahkan keterangan sebelum predikat, dan sifat dari keterangan tersebut adalah keterangan yang berkaitan dengan predikat di depannya. Jika berhubungan dengan predikat, artinya keterangan tersebut adalah adverb.

Bentuk umumnya: Ibu + nasi + banyak + makan.

·         어머니는 밥을 많이 먹어요

어머니: Ibu
: Nasi / makanan
먹다: Makan
많이: Banyak (adverb)

 

 

3.   K-S-O-P

Pola ini menambahkan keterangan sebelum subyek, dan sifat dari keterangan ini lazimnya adalah keterangan waktu ataupun keterangan tempat.

Bentuk umumnya: Kemarin / di rumah + Ibu + makan + nasi.

·         어제 / 집에서 어머니는 밥을 먹어요

어머니: Ibu
: Nasi / makanan
먹다: Makan
어제: Kemarin
집에서: Di rumah

 

Nah, di atas tadi adalah pola yang cukup sering digunakan dalam bahasa Korea. Sebenarnya masih ada 4 pola lagi yang saya telaah (yang belum ada di buku belajar bahasa Korea manapun sebelumnya) dari kalimat-kalimat percakapan bahasa Korea.

Untuk mempelajari pola tersebut, sobat CP dapat mengikuti kelas kilat level 1A (sangat dasar) dengan program 10x pertemuan 1 bulan. Biaya terjangkau, dalam 10x langsung tamat level 1A menggunakan bahan ajar Bahasa Korea Terpadu untuk orang Indonesia.




Ada program lain dengan bahan ajar eksklusif dari Keimyung University untuk belajar lebih banyak tata bahasa untuk yang mau belajar bahasa Korea lebih mendalam dan serius. Silakan hubungi sosial media saya untuk mengetahui testimoni murid, mendapatkan informasi biaya dan perbedaan materi antara bahan ajar Keimyung dengan BKT (Bahasa Korea Terpadu).


Sekian untuk segmen bahasa Korea hari ini. Kamsahamnida! Sampai bertemu di materi bahasa Korea selanjutnya!


Penulis: Ji, instruktor bahasa Korea lulusan Keimyung University, penulis non-fiksi, author “5 Days in Korea with BTS” (Elex Media Komputindo)
Sosial media:
Instagram: @elizbths_
Wattpad: @augustvevo

Posting Komentar

0 Komentar