Resep Donat Kentang

Breaking News

6/random/ticker-posts

Resep Donat Kentang

 


Siapa yang suka donat kentang? Kali ini aku bawain resep donat kentang yang sumber resepnya dari akun Instagram milik @malichatun88, food photographer sekaligus pemilik usaha makanan online. Aku sengaja pilih resep donat kentang karena bisa dibilang semua orang udah nggak asing lagi sama donat kentang dan pastinya cocok banget sebagai camilan selama di rumah aja. So, buat kalian yang udah pengen tau banget gimana cara bikinnya, let's get started!

 

Bahan:

 

250 gr tepung protein tinggi

100 gr kentang kukus, haluskan (berat bersih)

2 kuning telur

70-80 fresh milk dingin/air dingin

30 gr margarin

50 gr gula pasir

1½ sdt ragi aktif

10 gr susu bubuk

Sejumput garam

 


Cara membuat:

 

1. Kukus kentang, dinginkan baru haluskan, bisa dengan diblender bersamaan susu/pas hangat diulek langsung.

 

2. Campurkan kentang halus dengan tepung terigu, kuning telur, ragi, gula, susu bubuk, uleni sampai setengah kalis, masukkan margarin, garam, uleni/mixer sampai kalis.

 

3. Istirahatkan selama 15 menit.

 

4. Kempiskan adonan, timbang adonan 40-50 gr, sesuaikan selera, rounding adonan sampai permukaan halus, simpan dalam loyang yang sudah ditaburi tepung supaya tidak lengket.

 

5. Istirahatkan sampai 25 menit.

 

6. Pipihkan adonan menggunakan tiga jari tengah, lubangi tengah donat dengan spuit (jangan lupa spuit masukkan ke tepung supaya tidak lengket)

 

7. Istirahatkan selama 25 menit.

 

8. Goreng menggunakan minyak padat (supaya hasil lebih kering tidak berminyak) atau minyak biasa, menggunakan wajan datar teflon sekali balik supaya donat tidak berminyak, angkat lalu tiriskan.

 

Selesai, deh!


Kalian bisa tambahkan topping di atas donat sesuai selera masing-masing. Bisa pakai taburan gula, keju, meses, nutella, atau apapun itu. Semoga resep camilan ini bermanfaat untuk kalian semua. Sampai ketemu di artikel yang akan datang.


Stay safe and stay healthy, all. 

 

Penulis: Vicke Alizaranny

 

You can find me here on:

Instagram: vickealizaranny_

Wattpad: dazzlingvee

Posting Komentar

0 Komentar