Resep 4M (Mudah, Murah-Meriah, Mumtaz) Membuat Mie Rebus Ala Olahan Warkop.

Breaking News

6/random/ticker-posts

Resep 4M (Mudah, Murah-Meriah, Mumtaz) Membuat Mie Rebus Ala Olahan Warkop.




Rasanya hampir semua orang di negeri kita ini, baik anak rumahan, sampai yang ngekos dalam perantauan bilang kalau mie rebus buatan warkop rasanya nikmat sejagat raya.


Pernah coba bikin sendiri? Tapi kenapa rasanya tidak sama nikmatnya, ya?

 

Kira-kira kenapa, ya? Padahal mie instan yang dijual di warkop sama dengan mie instan yang selalu menyelamatkan kita di akhir bulan. Bahan pelengkapnya pun tidak sebegitu mewahnya. Bukan seperti di restoran mahal yang pakai topping mozarella atau semacamnya. Paling-paling kalau di warkop cuma pakai sawi sama telur. Udah itu aja. Herannya, kenapa begitu enak?

 

Mau tahu alasannya?

 

Ya alasannya simpel. Karena kalau masak sendiri badan sudah keburu lelah, bahkan malas duluan sebelum mulai. Membayangkan mengambil peralatan lalu menghidupkan kompor, kemudian menanti air mendidih saja seperti sedang memberi pupuk pada diri untuk tetap duduk diam dan memilih pesan online saja.

 

Hihihi... Jadi intinya kalau malas ya udah jadi susah deh.

 

Disclaimer keras!

Resep di bawah ini hanya diperuntukkan untuk kamu yang non mager. Jadi kalau tidak mager, mari kita check it out!

 

Jangan lupa dicatat, ya.

 

Bahan:

·Air

·Mie instan varian rebus. Rasa apa saja, ya. Itu opsional.

·Bumbu mi instan

·Cabai rawit, potong-potong kecil. (Opsional)

·Sawi, potong-potong ukuran tiga senti.

·Telur

 

Cara:

1. Didihkan air.

First thing first, pastikan kalau air yang akan kamu pakai untuk merebus mie instan benar-benar sudah mendidih. Air yang digunakan kira-kira sepertiga dari tinggi panci atau setara dengan 300-400 ml. Kalau ditakar menggunakan gelas, maka banyaknya air yang kamu perlukan sekitar dua gelas.


2. Sambil nunggu air rebusan mendidih, masukkan bumbu, bubuk cabai, dan minyak mie instan ke dalam mangkok. Kalau kamu suka yang pedas-pedas, masukin cabai rawit.

Catatan penting: Bumbu mie instan jangan diaduk jadi satu hingga terlihat seperti pasta basah, ya. Biarkan saja dia terpisah sebagimana mestinya.


3. Setelah airnya sudah mendidih, kecilkan api dan masukkan telur ke dalam panci.

Kenapa mesti dikecilkan apinya? Karena tindakan ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi isi panci yang meluber ke mana-mana. Dan bagian yang paling pentingnya adalah jangan sampai bagian kuning telurnya jadi pecah. Itu bisa mengurangi cita rasa.


4. Jika telurnya sudah terlihat cukup set, tambahkan irisan sawi, dan mie instan.

Jangan diaduk, ya. Kamu baru boleh membalikkan mie saat mie sudah setengah matang. Ini adalah trik yang sama yang dipakai oleh abang-abang warkop saat membuat mie rebus. Lagi pula, membalikkan mie sebelum setengah matang bisa membuyarkan telur yang harusnya aman-aman saja. Pokoknya apa pun itu, berusahalah menahan diri dan tangan untuk tidak gatal membalik mie sebelum waktunya.


5. Setelah mie dibalikkan lalu dimasak hingga benar-benar matang, angkat dan masukkan semua elemen penting yang ada di panci ke dalam mangkok berisi bumbu tadi.

 

Masukkan bersama kuah-kuah bekas rebusannya ya. Ini rahasia paling dalam dari merebus mie yang nikmat. Kenapa? Karena semua sari pati kenikmatan dunia mie instan bersama teman-temannya di dalam panci sudah berbaur di air rebusan tersebut. Jadi, jangan dibuang. Nanti mubazir! Tapi, jangan semua juga, ya. Gunakanlah sedikit saja air kuah tersebut. Intinya jangan sampai mie terendam oleh kuah agar bumbunya lebih nendang.

 

Finally! Sekarang gak perlu jauh-jauh ke warkop buat nikmatin mie rebus. Lagian masa pandemi begini memang amannya di rumah aja agar terjaga dari paparan virus bahaya yang tidak kita kehendaki.

 

Selamat makan, dan stay safe everyone!

 

Penulis: Hanisa

 




 

Posting Komentar

0 Komentar