Pesona Flores Timur: Alam hingga Religi

Breaking News

6/random/ticker-posts

Pesona Flores Timur: Alam hingga Religi


 

Larantuka merupakan kota kecil yang berada di kaki Gunung Mandiri dan terletak dipesisir pantai ujung timur Pulau Flores sehingga menjadi kota pelabuhan paling ramai di Flores Timur, NTT.

Flores Timur dikenal sebagai salah satu tempat tujuan wisata di NTT yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Nah, buat para Dreamers yang penasaran tentang pesona Flores Timur, Mimin akan kasih 5 list tempat wisata yang wajib Dreamers kunjungi.

 

1.     Pulau Meko



Pulau Meko merupakan sebuah pulau pasir timbul yang terletak di Dusun Meko, Kecamatan Witihama. Flores Timur. Pulau ini memiliki luas kurang dari satu kilometer persegi. Pasirnya terlihat berwarna agak pink, sehingga terlihat kontras dengan warna laut yang biru kehijauan. Keunikan pulau ini adalah ketika air laut pasang, maka pulau ini akan tenggelam. 


2.     Pantai Kawaliwu




Jika Dreamers adalah para pemburu senja, maka Mimin akan sarankan pantai ini jika berkunjung ke Flores Timur. Pantai Kawaliwu merupakan sebuah pantai yang terletak di Kawaliwu, Kecamatan Lewolema, kabupaten Flores Timur, NTT.

Di pantai ini Dreamers bisa menyaksikan pemandangan pohon kelapa yang tinggi, ombak yang cukup tenang, hamparan pasir hitam yang bersatu dengan kerikil kecil, dan juga pemandangan sunset yang indah. Selain itu, di sepanjang bibir pantai terdapat natural hot spring atau yang lebih dikenal dengan air panas alami sehingga air laut akan terasa hangat ketika kita berendam. 

 

3.     Danau Asmara



Danau Waibelen atau yang biasa dikenal dengan nama Danau Asmara, adalah danau yang terletak di Desa Waibao, Kecamatan Tanjung Bunga, Flores Timur. Menurut cerita rakyat yang beredar, dinamakan Danau Asmara karena ada sepasang muda-mudi yang mengakhiri hidup di danau tersebut lantaran cinta mereka tak direstui.

Untuk bisa sampai ke danau ini, Dreamers hanya membutuhkan waktu 1 jam dari Kota Larantuka.

 

4.     Taman Doa Bukit Fatima dan Salib Yubelium




Destinasi wisata religius merupakan andalan bagi kawasan Larantuka. Taman Doa Bukit Fatima dan Salib Yubelium ini, terletak di atas Bukit Fatima, Kota Larantuka.

Taman Doa ini memiliki suasana yang begitu hening sehingga cocok dijadikan tempat menyepi.  Sedangkan untuk pemandangannya, dari atas bukit ini kita dapat menyaksikan panorama laut dan juga rumah-rumah penduduk yang kelihatan.

 

 5.     Semana Santa (Pekan Suci)




Banyak yang tidak tahu bahwa Larantuka adalah kerajaan  Katolik pertama di Nusantara. Hal ini terjadi karena adanya penjajahan dari Bangsa Portugis pada abad 16 masehi yang membawa ajaran agama Katolik. Ada beberapa perbedaan mendasar antara Larantuka dengan mayoritas kerajaan lain di Nusantara. Jika alur riwayat kerajaan lainnya, termasuk beberapa kerajaan di kawasan Timor, pernah memasuki fase Islam –agama yang dibawa oleh orang-orang dari  Arab, Timur Tengah, juga India atau bahkan Cina- Larantuka nyaris tidak mengalami tahap tersebut.

Tradisi Semana Santa merupakan tradisi mengarak patung Bunda Maria mengelilingi Kota Larantuka. Tradisi ini biasa dilakukan mulai dari Hari Rabu Abu hingga Jumad Agung, dan diikuti oleh masyarakat baik masyarakat dalam negeri maupun luar negeri.  Selain itu, tradisi ini sudah dilangsungkan selama lebih dari 500 tahun.

Saking banyaknya wisata religius disini, Larantuka dijuluki sebagai “Gerbang Vatikan dari Timur.”

 

Penulis: Chyaa Blawa

Posting Komentar

0 Komentar