Permen Karet Dengan Berbagai Manfaat

Breaking News

6/random/ticker-posts






 

Permen Karet Dengan Berbagai Manfaat

 


Siapa, nih yang suka sekali mengunyah permen. Tahukan kalian, bahwa permen karet yang biasa kita makan ternyata memiliki berbagai manfaat? Eits, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan, ya. Tentu saja permen karet yang ingin kita konsumsi lebih baik yang tidak mengandung gula. Ada sebagian orang beranggapan mengunyah permen karet tidak memiliki manfaat justru akan membuat gigi kita berlubang. Itu memang benar juga, permen karet yang dimakan secara berlebihan dan terlalu sering memang menyebabkan karies gigi alhasil gigi kita rusak. Tetapi bukan itu yang akan kita bahas ya, melainkan manfaat dari mengunyah permen karet. Wah apa saja ya kira-kira? Yuk kita simak sampai habis.

 

1. Ternyata permen karet baik untuk meningkatkan daya ingat.

       

Proses mengunyah menyebabkan aliran oksigen meningkat sehingga membuat kita tidak mudah lupa. Saat kita mengunyah permen karet, ternyata ada beberapa bagian otak yang mulai aktif. Bagian otak tersebut adalah, batang otak, serebelum, motor korteks, cingulate, kaudata, dan lain-lain. Selain itu, saat kita mengunyah permen karet kandungan gula dalam permen dapat meningkatkan darah menuju jaringan otak. Hal tersebut dapat membuat bagian otak kecil kita aktif. Peningkatan ini dapat mengaktifkan bagian frontotemporal korteks dan otak kecil. 

       

Serebelum atau lebih kita kenal dengan otak kecil memiliki fungsi untuk mengatur koordinasi dan keseimbangan tubuh. Sedangkan lobus frontal berfungsi untuk proses berpikir, penalaran, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan perencanaan.

       

Lobus temporal terletak di kedua sisi kepala yang sejajar dengan telinga. Bagian otak besar yang ini bertanggung jawab terhadap fungsi pendengaran, memori, dan emosi. Lobus temporal dibedakan menjadi dua. Lobus bagian kiri sangat berperan untuk ingatan verbal atau mengingat nama. Sedangkan lobus bagian kanan berperan penting untuk ingatan yang bersifat visual seperti mengingat wajah manusia. Hal tersebut membantu meningkatkan kerja otak dan membuat kemampuan ingatan kalian tajam.

 

2. Untuk mengurangi stres.

     

Tidak hanya untuk meningkatkan daya ingat ternyata permen karet juga memiliki manfaat lain yang sangat berguna untuk kesehatan mental yaitu permen karet dapat menurunkan perasaan stres yang dialami seseorang. Ada yang berpendapat, permen karet dianggap sebagai salah satu metode relaksasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Paul Smith, bahwa mereka yang mengonsumsi permen karet akan mengalami mood yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak memakan permen karet.

 

3. Membantu agar tetap terjaga .

       

Siapa di antara kalian yang suka begadang? Hayo begadang karena game atau tugas? Nah menariknya lagi fakta unik kali ini sangat berguna untuk kalian yang suka begadang. Ternyata mengunyah permen karet bisa membantu kalian agar tetap terjaga dan waspada. Terlebih lagi jika kalian mengonsumsi jenis permen karet yang mengandung kafein. Meskipun itu tidak sepenuhnya mengusir kantuk, tentu mengunyah permen karet bisa membuat Anda lebih segar.

 

4. Meredakan asam lambung.

       

Siapa di antara kalian yang memiliki masalah dengan asam lambung? Ini aku kasih informasi menarik, nih. Ternyata Mengunyah permen karet setelah makan dapat mengurangi asam lambung dan gejala mulas lainnya dengan mengurangi asam di kerongkongan. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan produksi air liur di mulut. Meskipun begitu, hindari mengonsumsi permen karet sebelum makan. 

 

5. Membuat Gigi dan Gusi Lebih Sehat.

       

Meskipun sering dianggap dapat merusak gigi, faktanya permen karet memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan gigi. Menurut Asosiasi Dokter Gigi Amerika, mengunyah permen karet efektif melawan plak dan memperkuat enamel gigi. Permen karet mengaktifkan produksi air liur yang bisa membersihkan gula, asam dan partikel makanan lainnya yang tertinggal di mulut.

 

     

Itu tadi beberapa manfaat dari mengunyah permen karet. Bagaimana kalian sudah tahu atau belum nih? Kalau yang belum, kalian sudah mengetahui sekarang. Cukup banyak bukan manfaatnya? Yang terpenting jangan terlalu sering mengonsumsi dan tetap menjaga kesehatan, kebersihan gigi dan mulut. Jangan lupa gosok gigi setelahnya!



Penulis: Salma Nurul Laila 

 


Posting Komentar

0 Komentar