PENYEBAB TINGKAT PRODUKTIVITAS TINGGI DI MALAM HARI

Breaking News

6/random/ticker-posts

PENYEBAB TINGKAT PRODUKTIVITAS TINGGI DI MALAM HARI



Pernah merasa lebih efektif dan efisien bekerja pada malam hari? Pekerjaan cepat selesai dan kamu terpukau dengan kinerjamu. Suasana yang sepi dan dingin bukan lagi menjadi alasan jika kapasitas otakmu memang aktif di malam hari.

Manusia pada dasarnya memulai aktivitas dan interaksi sosialnya pada siang hari, lalu beristirahat di malam hari. Namun, bagaimana jika kita merasa lebih produktif dan memiliki konsentrasi tinggi pada malam hari?


Siklus tidur manusia umumnya dibedakan menjadi dua kategori, yaitu early bird dan night owl. Early Bird adalah orang yang suka tidur sebelum larut malam dan bangun di pagi hari. Sementara Night Owl adalah orang yang suka tidur larut malam dan bangun lebih siang.


Perbedaan keduanya terletak pada jam biologis yang dipengaruhi oleh bagian hipotalamus di otak kita. Jika ritme atau jam biologismu lebih panjang, kamu termasuk kategori night owl. Begitu pula sebaliknya. Jika ritmenya pendek, itu menandakan kamu seorang early bird.


Nah, buat kamu yang sering melakukan pekerjaan sampai larut malam, perlu untuk memperhatikan kesehatan. Jam biologis para night owl punya dampak negatif yang lebih besar lho. Berdasar publikasi jurnal Chronobiology International, tim night owl rawan terhadap diabetes, penyakit jantung, gangguan kejiwaan dan tingkat obesitas tinggi.


Mengapa demikian? Interaksi sosial yang kurang berdampak pada tingkat depresi yang tinggi, begitu pula kamu lebih banyak istirahat di siang hari sehingga kurang asupan vitamin D. Agar tidak mudah terserang penyakit, konsumsi makanan sehat dan olahraga akan sangat membantu.


Jika kamu sering begadang semalam suntuk, jangan kaget jika detak jantungmu menjadi cepat. Itu karena kurang tidur bisa memicu 27% resiko pengerasan pembuluh darah. Apalagi saking asiknya bekerja, kamu melakukannya sambil mengemil, padahal organ pencernaan kamu waktunya istirahat. Asupan makanan pun mengendap dan menjadi lemak jahat. Obesitas menjadi masalah baru.


Seperti yang kita ketahui, dari mulai pendidikan di bangku sekolah dan bekerja, semua rutinitas itu dilakukan di pagi hari. Memang ada pekerjaan yang memiliki shift malam, tapi mayoritas kehidupan sosial dimulai dari pagi hari. Begitu juga dengan waktu makan; sarapan, makan siang, dan makan malam. Semuanya sudah ada standarnya.


Keadaan di sekeliling inilah yang menimbulkan jetlag social untuk para night owl karena harus menyesuaikan diri dengan jam biologis yang berbeda. Sebaiknya kamu beri alasan pada orang sekitarmu, agar tidak terpicu kesalahpahaman mengapa kamu tidur di siang hari. Tidur siang sering dianggap malas. Pastinya kamu tidak ingin kan dianggap seperti itu? Bagaimanapun, kamu perlu istirahat yang cukup.


Lalu bagaimana jika kamu terpaksa bangun pagi dan menjalani kehidupan para early bird? Mood kamu bakalan berantakan sepanjang hari dan tidak bisa berkarya dengan maksimal. Sudah kurang tidur, pekerjaan tidak ada yang beres. Sia-sia dong usahamu.


Kabar baiknya, meski kecenderungan night owl terjaga di malam hari bisa muncul, tetapi kondisi ini bisa diubah dengan adanya adaptasi. 


Selain itu, konsumsi makanan sehat dan juga olahraga akan sangat membantu. Dari segi pekerjaan, bila memungkinkan pilihlah bidang pekerjaan yang waktu bekerjanya fleksibel sehingga jam biologismu tak terganggu.


Yuk sayangi dirimu dengan pola hidup sehat. Jangan terlalu banyak begadang demi kebaikanmu sendiri. Bagaimana pun, menjadi tim night owl memiliki lebih banyak dampak negatif dibandingkan early bird.


Penulis: Ravenura

Posting Komentar

0 Komentar