Mengenal Prinsip Hidup Orang Jepang

Breaking News

6/random/ticker-posts

Mengenal Prinsip Hidup Orang Jepang

 


Siapa sih yang tidak mengenal Jepang? Negeri Sakura yang khas dengan anime-nya itu. Masyarakat Jepang juga sangat terkenal dengan kedisiplinannya. Mereka tahu bagaimana caranya memanfaatkan waktu dengan baik. Bahkan, mereka selalu tepat waktu dalam memenuhi janji loh, Dreamers. Tak heran jika negara Jepang menjadi salah satu negara maju yang menghasilkan teknologi-teknologi canggih. Semua itu ada kaitannya dengan prinsip-prinsip hidup orang Jepang loh, Dreamers, terutama dalam urusan pekerjaan.

 

Beberapa prinsip hidup orang Jepang itu akan kita bahas di sini nih, Dreamers.

 

1. IKIGAI

Mungkin beberapa dari kalian sudah merasa tidak asing dengan Ikigai, terutama para vvibu ya, Dreamers. Akan tetapi, sebenarnya apa itu Ikigai? Ikigai merupakan istilah Jepang yang memiliki arti tujuan hidup atau makna kehidupan. Konsep Ikigai membantu masyarakat Jepang menemukan tujuan hidup dan membuat mereka termotivasi untuk bangun pagi setiap harinya.

Singkatnya, Ikigai adalah tujuan hidup yang menjadi alasan untuk terus termotivasi, Dreamers.

 

2. KAIZEN

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Kaizen memiliki arti perbaikan. Maksudnya ialah melakukan perbaikan dengan terus menerus atau konsisten. Perbaikan yang dilakukan merupakan perbaikan untuk meningkatkan kualitas hidup, baik untuk pekerjaan ataupun kehidupan pribadi.

 

Prinsip Kaizen ini bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti membaca nih, Dreamers. Hal-hal kecil ini mungkin terlihat tidak berarti, tetapi jika dilakukan secara konsisten dan terus menerus, kita akan mendapat hasil yang memuaskan dan tentu saja bermanfaat bagi hidup kita. Contohnya, seperti membaca tadi, lama-lama kita akan merasa lebih pintar dan berwawasan luas setelah konsisten membaca.

 

3. BUSHIDO

Bushido yang memiliki arti 'tata cara ksatria' merupakan kode etik ksatria Jepang yang menekankan pada semangat hidup berdasarkan kesederhanaan, kesetiaan, penguasaan seni bela diri, dan kehormatan sampai mati.

 

Singkatnya, Bushido adalah sebuah prinsip hidup yang menekankan untuk memiliki jiwa ksatria.

 

4. KEISHAN

Prinsip ini mengedepankan pada produktivitas, kreativitas, dan inovasi. Selain disiplin dalam bekerja, masyarakat Jepang juga menerapkan prinsip Keishan dalam bekerja, Dreamers.

 

Kita juga bisa menerapkan prinsip Keishan dalam kehidupan sehari-hari kita. Seperti melakukan kegiatan yang kita suka—hobi—dengan produktif, dan mengembangkannya dengan kreativitas hingga menjadi inovasi baru pasti akan sangat bermanfaat 'kan, Dreamers?

 

Nah, itu dia beberapa prinsip hidup orang Jepang yang dapat kita tiru dan terapkan baik untuk urusan pekerjaan ataupun kehidupan. Ternyata meniru tidak selalu buruk ya, Dreamers.

 

Penulis: Fini Mulyawati


Posting Komentar

0 Komentar