Literasi di Era Digital



Literasi adalah suatu kegiatan atau aktivitas untuk membudidayakan gerakan membaca dan menulis. Tujuannya agar membuat seseorang bisa berpikir kritis, meningkatkan kepahaman seseorang terhadap suatu bacaan, dan menambah pengetahuan. Literasi juga membuat suatu negara menjadi semakin maju dikarenakan memiliki indikor pembangunan yang lebih baik.

Dewasa ini budaya literasi mulai menjadi suatu kewajiban guna penunjang pengetahuan apalagi dalam menghadapi era global yang semakin memanas. Khususnya pada kalangan milenial yang rentan terhadap isu. Jika mereka tidak melakukan literasi mereka akan termakan hoax dan menimbulkan permasalahan baru.

Dampak tersebut bisa di rasakan pada literasi digital. Apa itu literasi digital?  Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Milenial dapat memanfaatkannya melalaui kemudahan dan kenyamanan membaca berbasis elektronik seperti e-book, e-journal, e-paper dan lainnya. Tak hanya itu juga milenial dapat menimba ilmu pengetahuan melalui membaca berita online.

Berikut layanan literasi digital yang dapat diakses oleh Milenial:

 

1.      Gramedia Digital



Sebuah aplikasi yang menyediakan 100.000 majalah, koran, dan buku dalam format majalah digital, dari berbagai kategori seperti bisnis, gosip, design, fiksi, anak, dll. Milenial hanya perlu berlangganan untuk menikmati fitur yang Gramedia sediakan.


2.      Wattpad



Tak beda jauh dengan Gramedia Digital. Wattpad adalah sebuah aplikasi yang memudahkan pembaca dan penulis untuk berinteraksi.  80 juta penggunanya dapat menikmati karya dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi, atau sejenisnya secara gratis.


3.      Google Scholar



Laman Google Scholar pasti tidak asing di telinga Mahasiswa. Laman ini adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Di laman ini pengguna dapat menemukan jurnal sesuai dengan tahun terbitnya.


4.      Line Today



Pengguna Line pasti tidak asing dengan Line Today. Iya Line Today adalah aplikasi yang menyajikan kurasi berita terkini, podcast dan video eksklusif, dan layanan streaming drama dan film populer secara legal dan gratis. Semua yang disajikan di Line Today breaking news jadi tak perlu takut ketinggalan berita.


5.      Kompas.com



Sebuah laman yang sama seperti Line Today. Di Kompas.com pengguna dapat membaca berita Indonesia dan dunia terkini,terpercaya,dan terlengkap seputar politik, ekonomi, travel, teknologi, otomotif, dll.


Semoga dengan artikel ini Milenial dapat meningkatkan literasi di Indonesia.

Sampai jumpa di Artikel yang akan datang.


Penulis: Ardita Sindy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk kita beropini mengenai isi post-nya~

Pages