Ketika Fiksi Menjadi Nyata

 



Ini cara kami memulai semuanya. Dari A hingga Z.

Puluhan ilmuan berdiskusi di dalam ruang yang terdapat meja bundar berisikan ratusan helai kertas putih dengan tinta yang mengukir angka, jarak, ruang, hingga huruf kuno romawi.

Ini semua sangat rahasia. Bahkan pemerintah kota Yunani yang hendak memproses ketua perdiskusian ini mati di tangan wakil ketua 'Kami'.

Biar kubisikkan sesuatu.

'Semua orang sedang berlomba untuk membelenggu waktu, singkatnya mengubah masa depan agar hari kiamat tidak akan pernah ada di dunia fana'


===========

 

Panggil saja aku Fi. Aku berusia sekitar kepala tiga, detailnya aku tak ingin memberitahukannya. Itu privasiku yang amat berharga.

Dua puluh tahun lamanya, dari tahun sekitar 1933 hingga hari ini tahun 1953. Uji coba yang seringkali tak mencapai tujuan. Projek Membelenggu Waktu masih dikerjakan sampai hari ini. Seperti turun temurun yang diwariskan oleh orang tak berguna. Mereka dan aku tentunya, menghabiskan waktu hanya untuk berbincang tentang teori itu.

Aku masuk ke dalam jejeran pendiskusi dan perancang ahli mesin untuk menciptakan Projek Membelenggu Waktu itu.

Sebuah kemustahilan yang benar-benar tidak bisa dinalarkan oleh ilmu teknologi bahkan agama. Mungkin kalian akan berpikir begitu.

Tapi satu hal yang akan menjawab kemustahilan itu. Oprește-te și trăiește. Rancangan teori yang keujiannya sudah dibuktikan oleh kematian seekor lalat. Berhenti dan hidup. Lalat itu hampir mati ketika lingkup di sekitarnya hidup dan berjalan, dalam tabung tanpa celah ventilasi, dan hidup ketika objek lingkungannya terhenti selama beberapa detik dengan kadar oksigen yang begitu minim.

Waktu dua puluh tahun yang terbuang akan membuahkan hasil. Teori ini sangat rahasia. Hanya profesor hingga milyader yang dapat mengetahui informasi ini.

Besok. Hari di mana semuanya akan dimulai. Teka-teki A hingga Z akan terungkap. Bincangan yang akan segera terjawab selama dua puluh tahun.

Hari pertama hingga sepuluh pengujian tengah berlangsung. Mesin-mesin melingkar menyisakan ruang kosong di tengahnya telah disiapkan.

Hari kedua puluh hingga empat puluh. Tabung-tabung berisikan air menggelembung terpasang di sisi-sisi ruangan.

Hari kelima puluh hingga tujuh puluh, enam puluh kursi dengan komputer yang sudah dirancang ditempatkan di tengah ruang lingkar mesin-mesin itu. Sebenarnya orang yang terlibat hanya lima puluh tujuh. Penambahan anggota terus berlanjut jika kerumitan dan berjalannya pengujian itu terhambat oleh suatu hal.

Hari kedelapan puluh hingga seratus, semua orang sangat serius. Pendataan telah dimulai. Tak ada kata istirahat dari fajar menyingsing hingga malam menyongsong.

Hari keseratus hingga dua ratus. Perlahan pengurangan anggota dilakukan, hanya satu atau dua karena tugas mereka sudah selesai. Ditambah akan selalu ada penambahan anggota. Di hari dua ratus itu 2/5 kesempurnaannya hampir terlihat.

Hari kedua ratus hingga dua ratus tujuh puluh. Hampir kehabisan bahan bakar dan anggaran listrik di hari itu. Tapi semuanya beres, karena salah satu dari kami berhasil memeras milyader yang menolak kerja samanya dengan kami.

Hari kedua ratus tujuh puluh hingga lima ratus empat puluh. Banyak yang berubah dari posisi tempat awal. Seperti posisi meja atau mesin, juga tabung yang menampung cairan zat kimia. Semuanya telah mencapai 3/5 dari hari pertama.

Hari kelima ratus empat puluh hingga tujuh ratus tiga puluh. Tepat di hari ini setengah dari anggota kami mengajukan pengunduran diri akibat hasil yang dijanjikan tak kunjung berhasil. Baru dua tahun sudah mengeluh putus asa. Mereka selemah itu.

Aku tetap bertahan hingga tiga tahun lamanya. Kesempurnaan sudah terlihat di berbagai sisinya. Kami yang tersisa sudah menantikan ini sejak lama. 

Kami semua berkumpul untuk menunggu sentuhan terakhir dari ahli fisika di dunia. 

Semua itu berhasil dengan sempurna. Berhenti dan Hidup. Itu benar-benar terjadi. Yang kami pikir awalnya semua ini terjadi tanpa konsekuensi yang besar. Mesin itu memberikan radius hingga seluruh dunia.

Tapi keseimbangan alam yang mulai terguncang terjadi setelah sepuluh hari Teorema Berhenti dan Hidup diciptakan. Semuanya berhenti, hingga siklus hidup alam juga berhenti, setengah dari dunia gelap tanpa matahari dan setengahnya terang dan panas tanpa bulan yang menyejukkan. Kematian dimana-mana dan kericuhan akibat bermigrasi ke banyak tempat.

Hari kiamat yang sebenarnya. Kami sudah menentang takdir. Konsekuensi yang kami kira tak begitu berpengaruh telah menelan banyak korban jiwa.

Semuanya sudah usai. Aku ingin berminta maaf ... sebesar-besarnya.


TAMAT


Pengarang: Gemallaroes 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk kita beropini mengenai isi post-nya~

Pages