Gimana Caranya Agar Bisa Nabung?

Breaking News

6/random/ticker-posts

Gimana Caranya Agar Bisa Nabung?

 



Hah! Nabung?! Kalian udah gak asing lagi kan sama yang namanya nabung? Kamu termasuk orang yang suka menabung? Sedang merencanakan diri untuk menabung? Atau malah gak suka menabung? Hayoloh! Tanda tanya nih sama orang yang gak suka menabung, hihi! Tentu kalian ingat sama kalimat ini, hemat pangkal kaya. Gak mungkin kalau kalian gak inget! Loh, Kak? Kok jadi bahas hemat? Apa dong hubungannya sama nabung?


Jadi gini, kalau kita ada niatan buat menabung, berarti kita juga ada niatan buat menghemat. Menabung kan artinya menyisihkan sebagian uang yang kita miliki untuk dipakai dikemudian hari. Nah arti "Menyisihkan" di sana juga artinya adalah menghemat. Jadi, ya jelas banget kalau menabung itu pasti ada kaitannya dengan menghemat!


Jadi gimana dong, Kak? Biar kita bisa nabung dengan konsisten? Supaya uang yang mau kita sisihkan itu gak kepakai terus but beli yang lain? Oke! Kita bahas point-point itu sekarang!


• Kuatkan niat dalam hati.


Tidak lain dan tidak bukan, sebelum melakukan apa pun yang menyangkut tentang kebaikan, alangkah baiknya kita luruskan dan kuatkan niat kita buat nabung. Berpikir untuk maju ke depannya bahwa yang membuat kita mau banget menabung itu untuk apa? Buat siapa? Kira-kira manfaatnya kerasa banget sama kita gak? Nah itu! Apa pun yang kita inginkan, jika di hati kita sudah ada niatan yang kuat buat nabung, InsyaAllah semua pasti ada jalannya. Jadi jangan lupa kuatkan dan luruskan niat kalian dulu, bersyukur juga pasti penting tuh, hihi!


• Pisahkaan antara kebutuhan dan keinginan.


Untuk point yang ini, EL yakin semua pasti sudah bisa membedakan mana yang menjadi kebutuhkan dan mana yang menjadi keinginan. Jadi harus gimana dong? Gini aja! Kira-kira mana yang lebih penting antara kebutuhan dan keinginan? Pasti kebutuhan, lah ya! Untuk caranya, kalian bisa sisipkan aja sebagian uang kalian pada salah satunya. Jika minggu ini yang lebih penting itu kebutuhan kalian, maka kalian harus fokus nabung buat kebutuhan kalian. Sebaliknya, jika dalam minggu ini kalian memang mau banget sama sesuatu, ya berarti harus konsisten nabung buat keinginan kalian. Kalian bisa juga menyisipkan uang pada keduanya, malahan bagus! Tapi, utamakan yang ada manfaatnya ya, selebihnya terserah kalian. Karena yang tau apa yang lebih dibutuhkan sama kalian, ya kalian. Kembali ke point ini, kalian harus tau mana kebutuhan dan mana keinginan!


• Harus konsisten.


Konsisten? Iya, jadi kalau kalian udah memutuskan buat menabung, berarti kalian harus menyisipkan sebagian uang yang kalian punya paling tidak 1 kali dalam dua hari. Lebih bagus lagi kalau kalian bisa nabung 1 kali dama sehari. Percayalah! Kalian the best bangetlah kalau bisa, hihi. Misalnya, kalian dikasih uang sama orangtua kalian 1 hari Rp. 10.000, EL itung buat jajan sebanyak Rp. 7.000 cukup gak? Itu uang jajan paling maksimal ya menurut El! Sisanya Rp. 3.000 dan itu cukup buat ditabungin selama 1 hari dalam celengan kalian. 


Bayangin aja! 1 hari Rp. 3.000, kalau satu bulan kalian udah dapat berapa? Rp. 90.000! InsyaAllah itu udah cukup banget kan? Apalagi kalau nabungnya lebih dari Rp. 3.000/ hari. Satu bulan mungkin udah dapat Rp. 100.000 lebih kayaknya. Lumayan banget dan menurut EL itu udah lebih dari cukup. Gak ada minimal dan maksimalnya dalam dunia nabung-menabung, yang menentukan itu diri kita sendiri. Konsisten gak? Bener-bener gak? Gitu! Mau Rp.5 00 perak seharipun itu juga udah bisa disebut menabung loh! Jangan terpaku sama hasil dan pengen cepet-cepet dapat uang yang banyak. 


Ingat ya! Semuanya butuh proses, sabar, dan konsisten. Kan kata pepatah juga, "Lama -lama bisa menjadi bisa menjadi bukit". Menurut EL, selain menghemat, menabung juga bisa melatih kesabaran dan menahan rasa egois kan ya? Makanya konsisten!


• Jangan diingat dan jangan cepat-cepat menghitung.


Jadi ibaratnya gini, jangan jauh-jauh deh contohnya hihi. Misalnya waktu kita ngisi air dalam jemblung Sanyo! Nah itu kan memerlukan waktu yang gak sebentar tuh? Kira-kira ada waktu 4-5 menitlah buat tabung Sanyo itu penuh sama air. Nah dalam 5 menit itu, apakah kita berdiri aja? Diam aja buat nunggu? Pasti lama kan? Pasti bosen kan? Yang akhirnya sering terjadi belum juga terisi penuh, itu Sanyo-nya udah dimatiin aja. 


Nah sama kayak nabung, teman-teman! Kalau kita nunggu banget, sampe tiap hari dihitunglah, diliatin isinya berapalah, nanti jatohnya jadi pengen ambil aja kan ya? Haha! Nanti rencana nabung gak jadi-jadi dong kalau gitu. Lebih baik celengan kita disimpan di tempat yang gak sering kita lihat, contohnya di atas lemari, di bawah kasur, pokoknya di tempat yang tersembunyi deh! Boleh juga pakai celengan yang gak transparan supaya gak kelihatan jumlah uangnya hihi. Beli celengan juga jangan yang mahal-mahal! Yang penting bisa nyimpen uang tabungan kita dengan baik!


Nah udah! Untuk pembahasan ini, segitu aja yang cuma bisa EL jelasin. Jadi gimana nih? Ada niatan buat nabung gak sekarang? Manfaatnya mungkin gak bakal kerasa sekarang, tapi beberapa minggu atau bulan kemudian pasti bakalan terasa. Yuk! Tambahin kegiatan menabung di List To Do kalian untuk tahun 2021 sekarang ini dan tahun berikut, berikutnya lagi. Kalau kalian udah mau nabung dan udah bener-bener niat banget, percayalah! Kalian keren banget hihi!

 Penulis: Willan (EL)


 


Posting Komentar

0 Komentar