Bahan Melukis Watercolor

Breaking News

6/random/ticker-posts

Bahan Melukis Watercolor

 



Bahan Yang Digunakan Untuk Melukis Watercolor


Teknik aquarel adalah teknik menggambar dengan cara menggunakan cat air dengan sapuan warna yang memanglah tipis, sehingga nanti hasilnya terlihat seperti transparan atau tembus pandang. Teknik aquarel bisa menggunakan bahan dengan campuran air di kertas, kain, atau bidang yang lain. Jika Anda menggambar dengan menggunakan bidang gambar yang berupa kertas, maka Anda dapat menggunakan cat air, cat poster, atau tinta bak.

Melukis menggunakan teknik aquarel cocok untuk dipajang di suatu ruangan, karena warna yang tipis dengan campuran beragam pigmen dapat membangun suasana menjadi lebih membangun dan mengesankan.

Bahan-bahan yang wajib kalian punya menurutku, untuk melukis dengan teknik aquarel atau biasa disebut dengan watercolor.


1. Cat Watercolour

Seperti yang sobat tahu, cat air adalah larutan resin yang larut dalam air. Ada dua macam tipe cat air yang sering digunakan oleh pelukis, yakni tipe cair dalam tube dan tipe padat. Tipe padat sendiri dibagi lagi menjadi watercolor pan dan watercolor cakeWatercolor pan merupakan bentuk padat dari kering. Sementara itu, watercolor cake merupakan bentuk padat dari cat bubuk.


Watercolor Tube


Biasanya cat air tube membutuhkan palet untuk mendapatkan warna yang lebih pudar. Kelebihan dari watercolour tube yaitu:

·         Harga lebih terjangkau.

·         Mudah ditemukan.

·         Warna pigmen yang berbeda dan bagus.

 

Watercolor Cake


Cat padat yang bertekstu kering, cocok untuk melukis di luar ruangan karena bentuknya yang simple dan mudah dibawa kemana-mana. Disediakan palet yang biasanya berbahan plastik untuk mencampurkan warna. Namun, biasanya harganya lumayan mahal dari tube watercolor. Tapi sekarang juga banyak produk baru yang harganya terjangkau dan berkualitas bagus.


2.         Watercolor Paper

Bagi pengguna watercolor pasti sudah tidak asing dengan media kertas watercolor paper, memiliki gsm atau ketebalan kertas yang berbeda dapat mempengaruhi hasil akhir dari lukisan.Jangan khawatir jika hasil dari kertas watercolr paper sedikit melengkung, sobat bisa menggunakan setrika untuk membuat bentuk kertas lurus seperti awal.

Watercolor paper bukanlah kertas biasa, kertas ini memiliki kemampuan hidrofilik yang tinggi, teknik blurring akan sangat mudah dan biasanya bertekstur sedikit kasar. 



3. Brushes


Tidak jauh dari dunia seni, brush adalah alat utama untuk melukis. Pilihlah bahan yang lembut untuk melukis karena itu akan mempengaruhi hasil menurut pengalamaku dalam menggunakan brush. Brush memiliki banyak variasi dari yang ukuran 0/0,0/0,00 untuk melukis detail. Carilah brush yang dapat menampung air atau cat yang baik untuk watercolor.


4. Pensil 


Dalam melukis watercolor kita juga bisa menggunakan pensil sebagai bentuk sketsa. Biasanya sangat penting ketika ingin melukis wajah seseorang dan detail bagunan sketsa. Pensil yang biasanya digunakan adalah pensil graphic, namun kalian juga bisa menggunakan pensil biasa dengan ukuran HB. Menurutku pensil dengan ukuran HB memiliki tekstur yang pas, tidak terlalu tebal dan tidak juga terlalu tipis dan teksturnya pas tida terlalu keras dan tidak terlalu keras. 


5. Drawing Pen


Untuk menambah lukisan menjadi terlihat detail, kalian bisa menggunakan drawing pen untuk menebalkan lukisan dan menambah kesan tiga dimensi.Drawing pen memiliki tinta yang tahan air, jadi tinta tidak akan luntur jika bertumpuk dengan cat watercolor.


6. Masking Tape


Masking tape atau disebut juga dengan isolasi pelukis, memiliki tekstur yang tipis dan mudah robek. Masking tape digunakan untuk menutup bagian yang tidak ingin dilukis. Harganya juga sangat terjangkau sesuai dengan ukuran yang tertera.


7. Kain dan Jar (Mug/Gelas)



Ini juga bagian terpenting untuk membersihkan cat, di sini aku pakai kain agar tidak boros tisu.

.

.

.

Oke, guys ... akhirnya selesai!

Semoga bisa membantu untuk kalian yang ingin belajar melukis dengan teknik aquarele dengan bahan utamanya cat watercolor. Teknik ini sebenarnya tidak sulit, hanya saja bagi kalian yang tidak terbiasa pasti akan kesulitan untuk men-shading, mencampur warna dan ketebalan tampungan air dalam kuas.

Never Give Up!!!

Pasti kalian bisa, tidak ada yag tidak mungkin jika kalian berusaha.

Oke, sampai di sini dulu ya....

See you next time!

 

Penulis: Siti Aisah

Inspirasi: https://my-best.id/16971

Img by: Google, WeHeartIt, Pinteres, RedBubble, ingredientsldn







Posting Komentar

0 Komentar