Complicated

Breaking News

6/random/ticker-posts

Complicated

 



Berdiam atau bertindak; salah satu prinsip yang kubangun demi menangkap hacker si biang onar maskapai penerbangan.

==========

 

Setelah menerima telepon darurat dari atasanku, aku bergegas pergi ke kantor pusat maskapai penerbangan untuk membahas masalah yang baru terjadi beberapa menit lalu.

Teleponku kembali berbunyi, aku menyambungkannya ke headset dan mendengarkan suara atasanku yang tampak panik.

"Cepatlah datang Reynald! Kita harus cepat kalau tidak mau kebobolan lagi! Hacker itu sudah mencuri data-data pengguna maskapai penerbangan."

"Tenangkan dirimu Pak Johnny, aku dalam perjalanan. Aku akan sampai setengah jam lagi. Tunggu aku," ujarku lalu memutuskan sambungan telepon sepihak.

Setelah sampai di lokasi, aku melihat banyak orang hilir mudik ke sana ke mari sambil menggenggam telepon masing-masing. Aku melihat Pak Johnny sedang berteriak di telepon dengan nada tak bersahabat, akhirnya kuputuskan datang menghampirinya.

"Reynald, kau sudah datang? Aku baru saja menghubungi semua pengguna yang datanya sudah dicuri dan melaporkannya ke pihak berwenang, termasuk Information Commissioner's Office Indonesia. Masih tidak ada kabar terbaru, aku bingung sekali."

Aku mengangguk paham dan kembali menatap Pak Johnny yang masih cemas tak terkendali.

"Sebaiknya Bapak memerintahkan pihak management untuk menghubungi bank atau penerbit kartu kredit untuk meminta saran tindakan yang harus dilakukan ke depannya. Sebab, kita tidak mungkin hanya mengandalkan pihak berwenang, apalagi yang dicuri berupa data pribadi dan keuangan. Hacker itu pasti akan menyalahgunakan bila berhasil meretasnya."

Pak Johnny tampak setuju lalu berlalu menghubungi pihak management. Aku kini beralih ke Tio, salah satu temanku yang menangani masalah ini. Tio memegang kendali semua informasi para pengguna dan merahasiakannya rapat-rapat.

"Bagaimana perkembangannya? Apa sudah ada kemajuan?" tanyaku padanya yang masih fokus pada komputer.

"Belum ada. Baru saja aku mendapat informasi kalau data-data itu akan aman meski mereka sudah mencurinya. Pihak ICOI sudah menjamim kalau hacker itu tidak bisa membobol lebih dalam lagi," katanya panjang lebar. "Lagi pula ini bukan kasus yang pertama terjadi di maskapai ini. Kau ingat beberapa bulan yang lalu? Ini juga pernah terjadi tapi tidak separah sekarang."

Perkataan Tio memang benar. Beberapa bulan yang lalu para hacker berhasil meretas situs dan aplikasi seluler perusahaan. Ada 50.000 kartu kredit yang berpotensi datanya dicuri. Hal itu juga berlaku untuk sekarang, hanya saja kali ini jumlahnya lebih banyak. Hampir 70.000 kartu kredit para pengguna diretas. Untungnya masalah ini tidak berhubungan dengan data perjalanan atau paspor.

"Tapi ada yang aneh. Beberapa bulan yang lalu kita sudah hampir menangkap hacker itu, tapi yang terjadi malah sebaliknya. Dia lolos dengan mudah. Aku curiga kalau di sini ada orang dalam yang membantunya," ujarku beropini.

"Bagaimana kau bisa berpikiran seperti itu?" tanya Tio heran.

"Sistem keamanan di sini sangat ketat. Bukan orang sembarangan yang bisa keluar masuk, mereka harus menunjukan kartu identitas dan melewati tes sidik jari."

Setelah tinggal semalam di sana, akhirnya masalah peretasan ini selesai. Namun lagi-lagi pelaku lolos dengan mudah. Meski pihak maskapai sudah melacaknya, tetap tidak ada kemajuan.

Pak Johnny sudah mengadakan jumpa pers untuk membahas masalah ini di depan khalayak umum. Dia menjamim bahwa data-data pengguna maskapai masih aman dan tidak dibobol oleh hacker itu. Meski para pengguna masih belum percaya sepenuhnya, tapi Pak Johnny sudah membuat keputusan akan mencari pelaku peretasan sampai dapat.

Hacker itu membuat semua orang resah, bukan hanya para pengguna tapi juga semua karyawan maskapai. Kini keadaan sudah kondusif, itu artinya aku bisa bersantai sejenak.

Baru saja kakiku melangkah melewati lorong sepi, tak sengaja aku mendengar suara orang sedang bertelepon dengan bisik-bisik. Aku menajamkan pendengaranku, semakin mendekat dan bersembunyi di balik tembok.

"Tenang saja, aku sudah mengurus semuanya. Kau aman, begitu juga aku. Sekarang tinggalkan negara ini selama beberapa bulan, setelah itu datang lagi ke sini. Aku akan memberikan informasi lengkapnya padamu."

Aku segera pergi dan bersikap tidak terjadi apa-apa. Sebenarnya aku tidak percaya harus mengatakan ini, bagaimana bisa pria itu berkhianat dengan begitu mudahnya? Selama ini dia sudah berkerja dengan sangat baik tanpa merasa kekurangan uang. Lagi pula pekerjaan yang dia handle selalu sempurna.

Aku datang ke ruangan Pak Johnny. Dia sedang duduk bersandar sambil memejamkan mata. Pasti kelelahan, aku berani jamin itu. Mendengar suara kakiku membuat matanya kembali terbuka.

"Ah ternyata kau, duduklah." Aku mendudukkan bokongku di atas kursi yang sudah ada di sana.

"Bapak kelihatan lelah, apakah lebih baik Bapak pulang saja?"

"Tapi masalah ini membuatku resah. Beberapa bulan lalu ini juga terjadi, dan sekarang kembali terjadi lagi. Aku tidak bisa istirahat kalau belum menemukan pelakunya." 

"Sebenarnya aku sudah tahu siapa dalang di balik semua ini. Kita hanya perlu menyusun siasat untuk menangkapnya, seperti yang kita tahu kalau dia sangat pintar berkamuflase," ujarku jujur dan membuat Pak Johnny terbelalak.

"Kau sudah pelakunya? Apa dia berkamuflase? Berarti dia sangat tahu seluk beluk maskapai ini?" tanya Pak Johnny ragu. Ia menatapku lamat-lamat. "Jangan bilang dalang yang kau maksud berasal dari dalam perusahaan ini sendiri?"

"Ya, yang Bapak katakan memang benar. Pelakunya orang perusahaan sendiri."

Keesokan harinya setelah membahas masalah ini bersama Pak Johnny, akhirnya kami memutuskan untuk menangkap pelaku itu dengan cara cantik.

Kami melaporkan kasus ini kepada pihak berwajib yang bekerjasama dengan jasa internet untuk melacak alamat internet protokol milik pelaku.

Dalam kasus ini ditemukan IP pelaku menggunakan jasa ISP milik perusahaan. Pak Johnny sudah melaporkannya disertai bukti digital. Begitu dilacak, IP Address itu berlokasi di Pondok Indah, Jakarta.

"Bukannya tempat itu—" Pak Johnny menghentikan ucapannya dan segera menarik diriku keluar. Pak Johnny segera menghubungi polisi dan memerintahkannya ke rumah pelaku.

Sesampainya di sana, para polisi sudah mengepung di sekitar lokasi. Tidak ada apa-apa, rumahnya kosong. Kami kecewa, lagi-lagi pelaku itu berhasil kabur.

Telepon Pak Johnny berdering, dia segera mengangkatnya.

"Ada apa?"

"Sekarang ini Pak Tio sudah resmi berhenti dari perusahaan. Tapi sayangnya beberapa data pribadi pengguna beserta paspor telah hilang dicuri."

Pak Johnny mematikan sambungan teleponnya sepihak. Ia membanting benda pipih itu ke tanah dengan kuat.

"Bajingan itu selalu saja bisa lolos! Sialan!"

TAMAT


Penulis: Septiyanwulandari

Editor: Ev

Artworker: Ghina

Posting Komentar

22 Komentar

  1. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul: Complicated
    Penulis: Septiyanwulandari
    Artworker: Cometria
    Batch: 6
    Reviewer: Carla

    [KOMENTAR NASKAH]
    Naskahnya rapi, ceritanya juga antimainstream. Tema on air-nya dapet. Dari awal udah curiga pasti ada orang dalem yang berperan di sana, sih. Cuma endingnya mungkin terlalu cepat temponya (?) jadi kurang ngerasa greget kenapa dia udah kabur aja.


    [KOMENTAR COVER]
    Kayak biasa, covernya cantik! Ngga tau harus berkata apa, sih. Manteup banget.

    BalasHapus
  2. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul: Complicated
    Penulis: Septiyanwulandari
    Artworker: cometria
    Batch: 6
    Reviewer: Marsyasp

    [KOMENTAR NASKAH]

    Ceritanya keren huaa gak nyangka endingnya. Pembawaan ceritanya bagus, jadi kebawa alur. Konfliknya gak terlalu berat, jadi enak dibacanya. Jadi penasaran lanjutannya, akankah Tio tertangkap suatu hari nanti? Wkwk.

    Semangat Kakak.

    [KOMENTAR COVER]
    Huaaa covernya banget, pewarnaannya juga cocok. Cuma mungkin untuk judul agak susah dibacanya karena sepotong-sepotong. Tapi untuk keseluruhan udah bagus kok. Semangat Kakak.

    BalasHapus
  3. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul: Complicated
    Penulis: Septi
    Artworker: Cometria
    Batch: 6
    Reviewer: Ziki

    [KOMENTAR NASKAH]
    Orang terdekat kita memang tidak bisa dipercaya. Orang kayak gitu relate banget sih emang, wkwk. Ceritanya udah bagus, tapi ada beberapa transisi waktu yang buat aku bingung sih. Jalan cerita juga udah oke walaupun aku udah bisa nebak dari awal kalau si Tio pelakunya. Okeh, good job. ✨


    [KOMENTAR COVER]
    Gak bisa berkomentar banyak sih buat covernya. Bagus bangeettt!! Perpaduan warnanya bisa pas gitu. Good job.

    BalasHapus
  4. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul: Complicated
    Penulis: Septi
    Artworker: Ghina
    Editor: Ev
    Batch: 6
    Reviewer: Ara

    [KOMENTAR NASKAH]
    Mungkin hanya aku saja yang berpikir kalau baca alur ini serasa masuk ke genre action ngga, sih? (C_C)
    Walau masih terbilang kaku bentuk ceritanya tapi ada amanat loh yang menjadikan cerita ini cukup menarik!


    [KOMENTAR COVER]
    Covernya gemes banget! ಥ⌣ಥ
    Berani pakai font itu emang diperlukan, ya. ಥ⌣ಥ

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul : Complicated
    Penulis : Septi
    Artworker : Ghina
    Batch : 6
    Reviewer : Vicke

    [KOMENTAR NASKAH]
    Jarang-jarang nih ada cerpen yang menceritakan tentang hacker. Udah gitu aja, hehehe. Good job, Septi!

    [KOMENTAR COVER]
    Covernya keren. Good job, Ghina!

    BalasHapus
  7. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul: Complicated
    Penulis: Septi
    Artworker: Ghina
    Batch: 6
    Reviewer: Fitria

    [KOMENTAR NASKAH]
    Naskah rapi, alurnya juga udah bagus banget. endingnya apalagi bagus parah. Tapi sedikit penasaran Tio bisa ketangkep atau enggak.


    [KOMENTAR COVER]
    Covernya bagus banget! Fontnya juga udah pas banget pokoknya.

    BalasHapus
  8. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul: Complicated
    Penulis: Kak Septi
    Artworker: Kak Ghina
    Batch: 6
    Reviewer: Rifqa

    [KOMENTAR NASKAH]
    Jujur suka banget sama alurnyaa. Aku rasa cerita ini bukan cerita yang udah sering kita temuin. Memang ya kita gak boleh terlalu percaya sama orang, mana tau orang itu impostor kayak di cerita inii. Keren banget siiih. Tapi aku merasa kurang greget ajaa di akhir-akhirnyaa. Semangat terus kak!!


    [KOMENTAR COVER]
    Aku gak tau mau komen apaa, cover buatan Kak Ghina emang bagus-bagus kayaknya T_T
    Cocok juga sama ceritanyaa, font-nya juga masuk, sukaa bangett. Semangat kak!

    BalasHapus
  9. Format Review CPSS

    Judul: Complicated
    Penulis: Septiyan wulandari
    Artworker: Ghina
    Batch: 6
    Reviewer: Malia

    [KOMENTAR NASKAH]
    Naskah cukup rapih, meskipun ada sedikit typo. Seperti dialog "Kau sudah pelakunya?" itu kayanya kata 'tahu' nya ketinggalan ehe. Alurnya juga rapi banget, tema On-Air nya dapett!! Seruuu juga, plot twist nya juga dapet. Kirain pelakunya itu yang ngomong di depan pers, ternyata Tio toh gusti. Keren!! Cuma kurang greget aja, soalnya kan ini tuh kayak cerita intel sama hacker jadi awalnya aku sempet berharap ada adegan actionnya gitu mwehehe. Tapi ini juga udah seru kok! CmiiwΨ(≧ω≦)Ψ

    [KOMENTAR COVER]
    AAAAAA Covernya kerennnnn!!! Aku sukaaa bangettttt (´༎ຶ ͜ʖ ༎ຶ `)♡ cocok sama isi ceritanyaa. Kerenn banget parah Na!

    Tetap semangat ya Kak Septi dan Ghinaa ♡
    Kalian luar biasa! Ψ(≧ω≦)Ψ

    BalasHapus
  10. Judul: Complicated
    Penulis: Septi
    Artworker: Cometria
    Batch: 6
    Reviewer: Salma

    [KOMENTAR NASKAH]

    Huaaa, ceritanya menghanyutkan sampai nggak sadar kalau udah sampe ending. Bener-bener tersusun rapi. Aku jadi penasaran sama nasib si Tio. Tapi overall bagus. Good Job, Kak! ��

    [KOMENTAR COVER]

    Covernya seperti biasa, selalu bagus. Aku suka kombinasi warna sama font yang di pakai. Good, Kak! ��

    BalasHapus
  11. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul: Complicated
    Penulis: Septi
    Artworker: Comtria
    Batch: 6
    Reviewer: Evtria

    [KOMENTAR NASKAH]
    ...

    Telat baget, taoi better late than never ya, kan, wkwk. Waktu dapet naskah ini dari Septi, aku udah amaze sama ceritanya. Aku juga gak banyak editin cuman 3 atau 4 gitulah itu pun karena italic, selebihnya udah oke banget. Palingan endingnya aja yang rada kecepetan, wkwk. Walaupun aku tetep suka twistnya, hihi.


    [KOMENTAR COVER]
    ...
    Cover-nya Ghina jan diragukan lagi, bagus dan aesthetic seperti biasanya. Menggambarkan ceritanya juga. Good job!

    BalasHapus
  12. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul: complicated
    Penulis: gina
    Artworker: septi
    Batch: 6
    Reviewer: michael

    [KOMENTAR NASKAH]
    ceritanya bagus, pemilihan katanya telat, aku juga lumayan tertarik, tapi aku sedikit tidak enak dibagian "mendudukkan bokong". Entah lah kurang enak aja di mataku, tapi selebihnya oke.

    [KOMENTAR COVER]
    Aku suka biru dan cover ini penuh dengan warna biru. Aku suka banget. Terlalu banyak jenis warna biru yg dicampurkan dan nuansanya juga beragam menjadikan gambarnya tidak mati karena kebanyakan warna biru. Menurutku ini sudah bagus.

    BalasHapus
  13. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul: Complicated
    Penulis: Septi
    Artworker: Cometria
    Batch: 6
    Reviewer: Eka

    [KOMENTAR NASKAH]

    Naskahnya rapi, pemecahan masalahnya juga masuk akal. Tidak ada typo, bener-bener keren! Endingnya juga lumayan nggak ketebak. Good job, Septi!

    [KOMENTAR COVER]

    Ini bener-bener keren, Daebak! Covernya bagus banget. Warnanya uwu, pict-nya bagus, font-nya juga cocok banget. Fiks, bagus banget nggak bohong.

    BalasHapus
  14. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul: Complicated
    Penulis: Septic
    Artworker: Cometria.
    Batch: 6
    Reviewer: Aisah

    [KOMENTAR NASKAH]
    Kepercayaan yang dikhianati. Suka banget sama ceritanya. Bisa nih dibuat part 2 nya. Apalagi kalou ada kejar-kejaran yang membuat deg-degan. Semnagat buat kakak. Cerita kayak gini favorit aku banget. ≧ω≦

    [KOMENTAR COVER]
    Covernya bagus banget, perpaduan warnanya juga terlihat sangat sempurna. Good job kak. Bagus banget. The best lah.

    BalasHapus
  15. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul : Complicated.
    Penulis : Septi
    Atworker : Cometria
    Batch : 6
    Reviewer : Aprianna

    [KOMENTAR NASKAH]

    Aku suka banget sama gya kepenulisannya, simpel tapi bikin nagih. Meski ada beberapa typo, tapi gak ganggu menurutku. Ada satu kata yang kurang di dialog, "Kamu sudah pelakunya?" Kayaknya yang itu deh, hehe, kurang kata 'menemukan'. Alurnya terasa begitu cepat, aku merasakan cerita ini banyak menggunakan 'tell' ketimbang show. Itu aja sih yang agak mengganjal, selebihnya keren bangeeett!

    [KOMENTAR COVER]

    Cover-nya bagus, elegan dan cocok sama isinya sih. Keren!<3

    BalasHapus
  16. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul: Complicated
    Penulis: Septi
    Artworker: Ghina
    Editor: Ev
    Batch: 6
    Reviewer: Fini

    [KOMENTAR NASKAH]
    Aku kurang suka sama ending gantung kek gini. Huaa lanjutin, dong. Sayang lho ini, udah bagus tauu. Ohiya ada beberapa kesalahan penulisan yang nyantol di mata aku, ehehe.
    • ke mari >> kemari
    • dari artikel kepenulisan yang aku baca setelah kata 'namun' harusnya ada tanda koma
    • tapi >> tetapi (kalo ada di dalam narasi, kalo di dalam dialog boleh-boleh aja pake kata tapi)

    Ohiya! Asli, ceritanya bagus banget. Keningku sampe berkerut bacanya, sayang ya si pelaku harus lolos. Huhu.


    [KOMENTAR COVER]
    COVERNYAAA AKU SUKAAA BANGEEET! Beuh, aku gak tau lagi mau komen apa. Pokoknya, aku suka sama covernya, menarik!

    BalasHapus
  17. FORMAT REVIEW CPSS

    Judul: Complited
    Penulis: Septi
    Artworker: Ghina
    Batch: 6
    Reviewer: Sin

    [KOMENTAR NASKAH]
    Naskahnya rapi ceritanya antimenstrim. Aku suka. Semoga ada part 2 nya hehe.

    [KOMENTAR COVER]
    Covernya simple dan menarik. Bagus banget aku suka!

    BalasHapus
  18. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul: Complicated
    Penulis: Septi
    Artworker: Ghina
    Editor: Ev
    Batch: 6
    Reviewer: Belpa

    [KOMENTAR NASKAH]
    Sepertinya baru pertama kali ini baca kek gini, huaaa keren mengalir gitu aja. ❤
    Si pelaku rasanya pen tak hiiih! Ah udah greget banget, rencana penangkapan sip eh lolos. ☹
    Jangan ganggu aku dengan pelaku yang ngga ketangkep ini, hihihi.


    [KOMENTAR COVER]
    Warnanya lucu banget, menurut aku juga cocok sama font yang dipakai. Mau saran dikit, menurut aku aja nih antara judul, nama penulis, sama artworker nya menuhin bagian atas banget gitu, mungkin bisa dikit dipindahin, hehe. Itu aja, yang lain dah bagosss sekalii. ❤

    BalasHapus
  19. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul: complicated
    Penulis: Septi
    Artworker: Ghina
    Batch: 6
    Reviewer: Cila

    [KOMENTAR NASKAH]
    Ceritanya bagus, cara penyampaiannya juga rapi banget. Sejauh ini aku nggak menemukan satu pun typo. Dan bagusnya lagi ceritanya nggak ketebak sama sekali. Good job Kak Septi!


    [KOMENTAR COVER]
    Wow. Itu sih satu kata buat covernya. Jujur emang sebagus itu. Gak neko-neko tapi pas sama ceritanya. Mungkin emang udah jago banget. You did the best one Kak Ghina!

    BalasHapus
  20. *FORMAT REVIEW CPSS*

    Judul: Complicated
    Penulis: Septi
    Artworker: Ghina
    Batch: 6
    Reviewer: Haya

    [KOMENTAR NASKAH]
    Jujur kebawa alurnya pas baca cerita ini. Konfliknya juga nggak terlalu rumit dan tentu saja ringan. Secara keseluruhan udah bagus ceritanya.

    [KOMENTAR COVER]
    Keren banget, pemilihan font yang berani, dan pemilihan warna yang bagus. Suka banget sama covernya.

    BalasHapus
  21. Komentar naskah
    Ini asli ide ceritanya aku suka banget. Gangerti lagi kerennya. Terus juga pas baca tentang hacker gini aku jadi pengen jadi hacker juga hehe
    Komentar cover
    Covernya badai! Sebagus itu mewakili isi tentang penerbangan. Pilihan warna juga keren. Menurut aku gak ada kurangnya karena begitu lihat aku langsung terpana

    BalasHapus
  22. [Komentar Naskah]
    Wah, ceritanya bagusss seperti para detektif, genre misteri yang paling kusukai. Kalau ceritanya dijadiin novel pasti good nih … Tulisannya juga rapi, jarang aku menemukan typo di sana, kak … Ganbatte ne!!!

    [Komentar Cover]
    Covernya juga keren, pemilihan jenis dan warna fontnya juga pas, menambah ketertarikan itu sendiri.

    BalasHapus

Yuk kita beropini mengenai isi post-nya~