Blurb dan Sinopsis

Breaking News

6/random/ticker-posts

Blurb dan Sinopsis

 


Apa, sih, bedanya blurb dan sinopsis?

Semua pada tahu kan kedua istilah ini? Yap! Keduanya sama-sama sering ditemukan di dunia literasi, khususnya pada penerbitan. Untuk lebih jelasnya, kami kasih detail perbedaan di bawah ya!

(1) Blurb

Blurb ialah uraian singkat yang menjelaskan isi buku, namun dengan tujuan promosi. Nah, tahu promosi kan? Pasti gaya bahasanya sengaja dibikin menggantung, agar para pembaca tertarik dengan karya tersebut. 

Dan satu hal penting lagi, blurb biasanya diletakkan di cover belakang buku (yang sudah cetak), dan ada pada deskripsi (untuk Wattpad/Storial/dll).

Contoh blurb:

Reputasi Silan di kepolisian dipertaruhkan lantaran ia kehilangan tersangka kasus pembunuhan dua minggu lalu. Walau sudah mencari tersangkanya melalui segala cara, Silan tetap tak mendapatkan petunjuk. Sebenarnya di mana pelakunya bersembunyi? Apakah masih hidup atau jangan-jangan sudah mati?

(2) Sinopsis

Sinopsis ialah uraian lengkap dari awal hingga akhir suatu karya, tanpa ada apa pun yang ditutupi. Apa maksudnya? Maksudnya dalam penulisan sinopsis, tidak akan dijumpai kalimat....

Bagaimana kelanjutan kisah asmara SitiApakah ia akan kembali dengan Bagas atau justru memilih untuk melupakan segalanya?

Ya! Karena kalimat dengan gaya bahasa tersebut hanya akan kita jumpai dalam blurb.

Sinopsis sendiri biasanya akan ditujukan si penulis kepada tim redaksi atau pun editor untuk dilakukan seleksi lebih lanjut sebelum masuk dalam dunia penerbitan.

Biasanya sinopsis hanya membutuhkan tiga karakter utama, sedangkan karakter lainnya dijelaskan menggunakan sudut pandang ketiga. Penerbit rata-rata menentukan panjang sinopsis adalah maksimal satu lembar Ms. Word dengan keseluruhan cerita ditulis tanpa ada yang tertinggal, dimulai dari premis, konflik, lanjut hingga penyelesaiannya.

Jangan sembunyikan ending-nya!

Sekarang mari kita coba untuk membuat blurb cerita bebas di kolom komentar, ya. Tim kami akan bantu koreksi.

Semoga dengan artikel ini, Dreamers tidak terbalik mengartikan blurb dan sinopsis ya. Sukses selalu, Dreamers!

Salam kreasi!

Penulis: Nadykeyr

Posting Komentar

0 Komentar