Kirim Cerpen & Writer of The Month

Breaking News

6/random/ticker-posts

Kirim Cerpen & Writer of The Month



CARA KIRIM CERPEN



Halo, Dreamers!

Ingin cerpenmu juga tampil di sini? Caranya gampang banget!

Yuk, simak syarat dan ketentuan di bawah ini.

.

.

.

Syarat dan Ketentuan Cerpen:

1. Tidak mengandung unsur SARA dan pornografi

2. Karya orisinil (tidak plagiat)

3. Cerita unik dan kreatif

4. Tema dan genre bebas

5. Panjang maksimal 3000 kata

6. Mengikuti kaidah penulisan yang benar dan tepat

7. Diketik rapi di badan email

8. Biodata singkat penulis maks 100 kata

9. Blurb singkat 10-20 kata

10. Jika ada cover jadi dari penulis, boleh dilampirkan

 

Naskah cerpen + biodata + blurb dituliskan di badan email, kemudian dikirimkan ke CirclePedia@gmail.com dengan subjek [Kirim Cerpen] Nama Penulis - Judul Cerpen


Ps. Cover dilampirkan di ‘file’ email. Jika tidak ada cover, maka akan dapat cover standar dari Circle Pedia


Kami tunggu karya fantastis kalian, Dreamers! 






WRITER OF THE MONTH!


Mendapat predikat sebagai Penulis Unggul memang membanggakan, ditambah dengan karya-karyanya dipampang di banner website selama dua minggu! Wow! Siapa saja yang mengunjungi website, bisa melihat jajaran karyamu. Siapa yang nggak tergiur?

Tapi ... sulit nggak ya untuk mendapat predikat Writer of The Month?

Nggak sulit, kok. Cukup mengikuti syarat dan ketentuan di bawah ini. Simak baik-baik, ya.

Syarat dan Ketentuan Menjadi Writer of The Month:

1. Rutin Mengirim Cerpen

Tentu saja! Bagaimana menjadi penulis unggul kalau karyanya cuma 1, ya nggak? Menjadi penulis unggul juga memiliki arti bahwa Si Penulis adalah orang yang konsisten mengirimkan karya, supaya pembaca bisa mengenal tulisan lebih jauh. Pembaca nggak suka digantung. Maka dari itu, penulis harus rutin menerbitkan karyanya.

2. Mengikuti Kaidah Penulisan yang Baik dan Benar

"Ak pusng banged, nich, ga bisa nafas." Ujar ku.

Aduh, aduh, aduh! Mohon maaf, ini lagi ngomongin apa, nih? Kok banyak huruf yang hilang, pada ke mana? Lalu kenapa ada beberapa huruf yang sempat-sempatnya bertransformasi menjadi huruf lain? Wah, penulisnya pasti lagi buru-buru nih nulisnya. Ya nggak?

Jadi seharusnya seperti apa? Tentu saja tulisan yang kami maksud adalah tulisan yang mengikuti kaidah penulisan Bahasa Indonesia, seperti PUEBI, KBBI, dan sebagainya. Harus mengerti peletakkan tanda baca, penggunaan kata baku dan non baku, dialog tag, dan masih banyak hal lagi. Tapi eits, nggak sulit, kok, untuk mempelajari itu semua. Kuncinya satu, yaitu semangat! Mau jadi penulis ya harus berteman baik dengan kaidah penulisan yang benar.

3. Cerita Memiliki Kualitas yang Tinggi dan Anti-Mainstream

Kisah cinta antara bos dan pegawai? CEO dan sekretaris? Mahasiswa dan dosen? Ah, atau kisah poligami dan perselingkuhan? Ada juga bad boy VS good girl, boleh?

Ya, boleh-boleh aja, sih, tapi ... itu semua kan banyaaak. Tema cerita seperti itu hampir bisa ditemukan di semua tempat. Memangnya nggak bosan? Kalau ceritamu memiliki tema yang sama, lalu di mana spesialnya?

Percayalah, imajinasi itu tidak terbatas! Luaaas sekali. Masalahnya, kita mau nggak mencari dan menggali sebuah ide dan tema yang belum tersentuh itu? Ya, harus mau, dong! Karena kalau kita bisa menciptakan sebuah cerita yang unik, pembaca akan lebih mudah mengingat kita. Betul?

4. Sebarkan Karyamu Kepada Teman-Temanmu

Last but not least, karyamu juga harus disebarluaskan, bisa ke teman, keluarga, sosmed, atau pacar (kalau ada, hihi). Jangan lupa untuk ingatkan mereka klik tombol like dan tinggalkan komentar di ceritamu. Seru, kan?

Nah, semua kiat-kiat menjadi Writer of The Month versi Circle Pedia udah kita bahas semua, nih. Ada tambahan, bisa kirimkan melalui kolom komentar ya!

Send your work and be a star!

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Apakah kita nanti dpt fee dri setiap naskah yang kita kirim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, mohon maaf untuk fee tidak ada ya. Namun naskah Kakak nantinya akan dapat perhatian banyak dari pengunjung website ini dan bisa untuk self-branding ya Kak~

      Hapus

Yuk kita beropini mengenai isi post-nya~